get app
inews
Aa Read Next : Pantai Ujunggenteng Sukabumi Bertabur Sampah, Warga Kesal Rusak Pos Retribusi

Senam Gurilapss Diluncurkan, Ribuan Warga Sukabumi Bersukaria

Jum'at, 09 September 2022 | 09:00 WIB
header img
Bupati Sukabumi H Marwan Hamami meluncurkan Senam Gurilapss dalam rangkaian acara memeriahkan HUT Ke-152 Kabupaten Sukabumi. Foto: Pemkab Sukabumi

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id —Ribuan orang tumplek blek di Lapang Cangehgar, Kabupaten Sukabumi bersuka ria mengikuti peluncuran Senam Gurilapss sebagai olahraga kebugaran khas Kabupaten Sukabumi

 

Peluncuran senam ini dilakukan Bupati Sukabumi H Marwan Hamami kemarin. Peluncuran Senam Gurilapss yang dibarengi dengan jalan santai ini merupakan rangkaian event menyambut HUT Ke-152 Kabupaten Sukabumi dan Hari Olahraga Nasional (Haornas) Ke-39.

Senam Gurilapss merupakan hasil karya putri daerah Kabupaten Sukabumi bernama Adinda Pasha Putri Permadi. Setiap gerakan Senam Gurilapss, menggambarkan ciri khas Kabupaten Sukabumi. Gurilapss akronim dari Gunung, Rimba, Lautan, Pantai, Sungai, dan Seni-budaya.

Kegiatan senam massal dan jalan santai ini diikuti sekitar 2.000 orang yang berasal dari unsur perangkat daerah, BUMD, komunitas, pelajar, hingga masyarakat. Para peserta secara bersama-sama melakukan Senam Gurilapss  dilanjutkan jalan santai dengan rute sekitar 3 kilometer.

Rute jalan santai sendiri dimulai dari Lapang Cangehgar- Tugu Jangilus- Tugu Adipura - Jalan Bhayangkara-Jalan Jajaway dan finish di Lapang Cangehgar.

Bupati Sukabumi H Marwan Hamami mengapresiasi Adinda yang telah menciptakan Senam Gurilapss. Menurutnya penciptaan senam tersebut sangat luar biasa. "Saya sangat mengapresiasi setinggi-tingginya kepada inisiator Senam Gurilapss. Gagasan ini sangat luar biasa," katanya.

Bupati berharap, senam yang akan menjadi ikon Kabupaten Sukabumi ini bisa lebih menyehatkan dan  menarik masyarakat untuk berolahraga. "Kehadiran Senam Gurilapss ini semoga bisa menyehatkan warga Kabupaten Sukabumi, Mari kita terus bergerak agar sehat. Manfaatkan sebaik-baiknya Lapangan Cangehgar ini," katanya.

Inisiator Senam Gurilapss Adinda Pasha Putri Permadi mengatakan, olahraga kebugaran ini sengaja diciptakan untuk dijadikan ikon Kabupaten Sukabumi. Apalagi, di dalamnya terdapat gerakan yang menggambarkan Gurilapss dan ada unsur tarian khas Kabupaten Sukabumi.

"Senam Gurilapss ini saya berikan sebagai kado hari jadi Kabupaten Sukabumi ke-152 tahun," kata dia.

Pemkab Sukabumi juga menggelar lomba Senam Gurilapss untuk memperkenalkan senam yang menjadi ikon Kabupaten Sukabumi ini. Lomba senam Gurilapss diikuti 18 tim, di mana salah satu jurinya Fahmy Fachrezzy, dosen FIK UNJ sekaligus Pakar Kebugaran Nasional dan Pelatih Aerobik Internasional.

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut