get app
inews
Aa
Read Next : 20.000 Peserta SKJ di Kabupaten Sukabumi Pecahkan Rekor Muri

Ini Dia Bus Terpanjang di Indonesia, Kabin Super Mewah dan Punya Lift 

Sabtu, 10 September 2022 | 17:00 WIB
header img
Bus terpanjang di Indonesia memecahkan rekor MURI, Limo Bus milik perusahaan otobus (PO) asal Jawa Tengah, Sumber Alam. Foto: PO Sumber Alam.

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id —Indonesia memiliki bus terpanjang yang memecahkan rekor MURI. Dia adalah "Limo Bus" milik perusahaan otobus (PO) asal Jawa Tengah, Sumber Alam. Bus tersebut memiliki 10 roda, empat roda lebih banyak dari bus pada umumnya. Dilansir dari blog resmi Sumber Alam, hari ini, Limo Bus milik PO Sumber Alam memiliki panjang mencapai 12,6 meter. 

Bus ini sebenarnya mengacu pada bus di Eropa yang menggunakan double gardan untuk roda belakang. 

Adapun mesin yang digunakan Limo Bus adalah Mercedes Benz 1521 dengan penambahan panjang chasis sekitar satu meter. Sumber Alam sendiri mempercayakan pembuatan bus terpanjang kepada karoseri asal Ungaran, Semarang, Laksana. 

Tampilan Limo Bus benar-benar baru dan tidak mengambil design bus yang sudah ada. Kabin bus dijejali berbagai perlengkapan hiburan maupun untuk peristirahatan yang akan menambah kenyamanan dalam perjalanan. 

Naik Bus ini juga memiliki lift. Sampai saat ini belum ada armada bus manapun di Indonesia yang memiliki fasilitas ini. Pintu lift terletak di bagian kiri belakang. Ini berfungsi untuk menaik dan turunkan pengguna kursi roda atau jika harus membawa muatan yang sangat berat. 

Bus ini tercatat di rekor MURI ke 3.827 pada 21 Juli 2009. Limo bus memiliki ruang VIP pada bagian buritan. Di ruang tersebut terdapat sofa melingkar dengan satu televisi layar 42 inc yang bisa digunakan untuk nonton film dan karaoke.

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut