get app
inews
Aa Read Next : Pantai Ujunggenteng Sukabumi Bertabur Sampah, Warga Kesal Rusak Pos Retribusi

Meriahkan HUT Ke-152 Kabupaten Sukabumi, Dinas Perikanan Gelar Mancing Bersama

Selasa, 20 September 2022 | 19:00 WIB
header img
Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi bersama komunitas pemancing menggelar acara mancing bersama dalam rangkaian kegiatan HUT Ke-152 Kabupaten Sukabumi tingkat Kecamatan Cireunghas. Foto: Pemkab Sukabumi.

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id —Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi menggelar acara mancing bersama dalam rangkaian kegiatan HUT Ke-152 Kabupaten Sukabumi tingkat Kecamatan Cireunghas. Mancing bersama berlokasi di muara Ciganda Desa Cipurut, Minggu (18/9/2022).

Kegiatan tersebut merupakan partisipasi aktif komunitas pemancing dan masyarakat Cireunghas dalam memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi tersebut. 

Acara dibuka Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi Nunung Nurhayati. Nunung menyebutkan kegiatan mancing bersama bertujuan melestarikan ikan lokal atau ikan asli melalui restocking ikan hasil tangkapan terutama sidat.

"Saya mengimbau kepada komunitas pemancing agar dapat bersama-sama menjaga kelestarian ekosistem perairan khususnya perairan darat melalui upaya bersih sungai dan kegiatan positif lainnya," kata Nunung dilansir laman Pemkab Sukabumi.

Mengenai ikan sidat, Nunung menyampaikan upaya pengelolaan sidat di Kabupaten Sukabumi sesuai dengan perlindungan terbatas yang berlaku saat ini, sehingga diharapkan para pemancing dapat paham mengenai ukuran ikan sidat yang diperbolehkan untuk ditangkap untuk menjaga kelestarian sidat di daerah Sukabumi.

Dalam kesempatan acara tersebut komunitas pemancing mendeklarasikan komitmen pelestarian ikan dan pencegahan ilegal fishing serta turut serta dalam mengawasi kegiatan perikanan di perairan setempat, selain itu juga mengimbau masyarakat untuk dapat bekerja sama dalam menjaga kebersihan sungai.

Kadis Perikanan bersama komponen kecamatan Cireunghas dan komunitas pemancing kemudian melakukan pelepasliaran ikan di Muara Ciganda. Ikan yang dilepasliarkan yaitu ikan lokal
Sukabumi di antaranya ikan genggehek, nilem, tawes dan ikan sidat ukuran fingerling.
 

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut