Meriahkan HUT Ke-152 Kabupaten Sukabumi, Dinas Perikanan Gelar Mancing Bersama

Eka L Prasetya
.
Selasa, 20 September 2022 | 19:00 WIB
Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi bersama komunitas pemancing menggelar acara mancing bersama dalam rangkaian kegiatan HUT Ke-152 Kabupaten Sukabumi tingkat Kecamatan Cireunghas. Foto: Pemkab Sukabumi.

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id —Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi menggelar acara mancing bersama dalam rangkaian kegiatan HUT Ke-152 Kabupaten Sukabumi tingkat Kecamatan Cireunghas. Mancing bersama berlokasi di muara Ciganda Desa Cipurut, Minggu (18/9/2022).

Kegiatan tersebut merupakan partisipasi aktif komunitas pemancing dan masyarakat Cireunghas dalam memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi tersebut. 

Acara dibuka Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi Nunung Nurhayati. Nunung menyebutkan kegiatan mancing bersama bertujuan melestarikan ikan lokal atau ikan asli melalui restocking ikan hasil tangkapan terutama sidat.

"Saya mengimbau kepada komunitas pemancing agar dapat bersama-sama menjaga kelestarian ekosistem perairan khususnya perairan darat melalui upaya bersih sungai dan kegiatan positif lainnya," kata Nunung dilansir laman Pemkab Sukabumi.

Mengenai ikan sidat, Nunung menyampaikan upaya pengelolaan sidat di Kabupaten Sukabumi sesuai dengan perlindungan terbatas yang berlaku saat ini, sehingga diharapkan para pemancing dapat paham mengenai ukuran ikan sidat yang diperbolehkan untuk ditangkap untuk menjaga kelestarian sidat di daerah Sukabumi.

Dalam kesempatan acara tersebut komunitas pemancing mendeklarasikan komitmen pelestarian ikan dan pencegahan ilegal fishing serta turut serta dalam mengawasi kegiatan perikanan di perairan setempat, selain itu juga mengimbau masyarakat untuk dapat bekerja sama dalam menjaga kebersihan sungai.

Kadis Perikanan bersama komponen kecamatan Cireunghas dan komunitas pemancing kemudian melakukan pelepasliaran ikan di Muara Ciganda. Ikan yang dilepasliarkan yaitu ikan lokal
Sukabumi di antaranya ikan genggehek, nilem, tawes dan ikan sidat ukuran fingerling.
 

Editor : Eka L. Prasetya
Bagikan Artikel Ini