get app
inews
Aa Read Next : Ketua Umum PBNU Ajak Umat Pilih PPP, Pakar Politik: Hubungan Yahya dan Cak Imin Tidak Harmonis

Gus Yahya Sebut NU Jangan Jadi Organisasi Canggih Saja Harus Bertransformasi Bangun Format Peradaban

Rabu, 08 Maret 2023 | 14:37 WIB
header img
Ketua Umum Pengurus Besar Nadhlatul Ulama, KH Yahya Cholil Staquf, menegaskan jika NU harus mampu bertransformasi untuk membangun format peradaban. Foto: Wahyudi/MPI

MEDAN, iNewsSukabumi.id - Ketua Umum Pengurus Besar Nadhlatul Ulama, KH Yahya Cholil Staquf, menegaskan jika NU harus mampu bertransformasi untuk membangun format peradaban. Tak sekedar menjadi organisasi modern. 

Hal itu ditegaskan Gus Yahya pada Rapat Kerja Nasional dan Konferensi Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama, di Santika Dyandra Convention Center, Medan, Rabu (8/3/2023).

Gus Yahya menyatakan Nahdlatul Ulama (NU) merupakan organisasi agama terbesar saat ini di Indonesia. Tidak hanya besar, namun dalam perjalanan sejarahnya NU telah menjadi bagian penting dalam perkembangan Indonesia.

"Dalam perjalanan selama satu abad, NU cenderung berkembang. Dari dulu isinya harus betul-betul orang yang ulama beneran. Namun saat ini NU isinya sudah macam-macam. Tidak bisa kita haruskan lagi hanya orang ngaji yang merasa NU," katanya.

Seiring perkembangan zaman, NU kata Gus Yahya, harus mampu meminta   semakin memberikan sumbangsih besar bagi masyarakat. Sumbangsih besar tersebut adalah berfikir tentang suatu hal yang mulia bagi masyarakat Indonesia ke depan.

"Tidak boleh hanya jadi organisasi canggih saja, karena kalau hanya berfikir begitu maka yang menerima maslahat hanya kaum elit. Sementara, massa rakyat yang luas akan terlalu lama menunggu untuk mendapat maslahat dari pergulatan NU. Agar jangkauan pergulatan lebih luas kita harus membangun format peradaban, dalam arti menyumbangkan sesuatu yang maslahat untuk peradaban dunia," pungkasnya

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut