get app
inews
Aa Read Next : 10 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sukabumi: Bisa Ditempuh dengan Jalan Kaki

6 Wisatawan Bogor Terseret Ombak di Pantai Pasir Putih Pangumbahan Sukabumi, 5 Selamat dan 1 Hilang

Selasa, 28 Maret 2023 | 20:53 WIB
header img
Enam wisatawan dari Bogor yang sedang bermain air di Pantai Pasir Putih Pangumbahan, Desa Gunungbatu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, terseret ombak. Foto Tim SAR Sukabumi. iNews/Dharmawan Hadi

SUKABUMI,iNewsSukabumi.id - Sebanyak enam wisatawan dari Bogor yang sedang bermain air di Pantai Pasir Putih Pangumbahan, Desa Gunungbatu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, terseret ombak hingga ke tengah laut pada Selasa (28/3/2023).

Kejadian yang terjadi pada sekira pukul 08.00 WIB tersebut, mengakibatnya 1 orang bernama Rifki Baihaki (18) dinyatakan hilang setelah terseret ombak dan hingga saat ini masih dalam pencarian petugas SAR gabungan.

Sedangkan 5 orang lainnya yang bernama Rasid (19), Ramdani (20), Rangga (20), Rehan (18) dan Firman (19) selamat dan dapat kembali ke bibir pantai setelah sempat terseret ombak hingga ke tengah laut. Kondisi wisatawan yang selamat, saat ini berangsur membaik.

Koordinator Pos SAR Sukabumi Suryo Adianto mengatakan, korban bersama teman-temannya pergi dari Bogor dengan menggunakan kendaraan Toyota Avanza, tiba di sekitar Pantai Pasir Putih Pangumbahan sekira pukul 02.30 WIB. Lalu keenam wisatawan tersebut mulai bermain air pada sekira pukul 06.00 WIB.

"Sebelum peristiwa ini terjadi, para wisatawan tersebut sedang bermain di bibir pantai, kemudian ada ombak besar datang dan menyambar para wisatawan tersebut, hingga akhirnya menyeret ke tengah laut. Sebanyak 5 orang selamat dan 1 dinyatakan hilang," ujar Suryo.

Setelah mendapatkan informasi adanya kejadian tersebut, lanjut Suryo, Pos SAR Sukabumi kerahkan personil rescue menuju lokasi kejadian untuk melakukan pencarian terhadap korban.

"Upaya pencarian pada hari ini dibagi menjadi 2 area, dimana tim pertama melakukan pencarian menggunakan perahu karet dengan menyisir laut hingga radius 3 NM dari lokasi kejadian," kata Suryo.

Kemudian tim kedua, lanjut Suryo, melakukan pencarian dengan menyisir secara visual melalui jalur darat di sepanjang bibir pantai hingga radius 1 KM dari lokasi kejadian. 

"Hingga pukul 17.00 WIB, korban belum berhasil ditemukan dan pencarian untuk hari ini diberhentikan untuk sementara dan akan dilanjutkan pada esok hari sekira pukul 07.00 WIB pagi," ujar Suryo.

Lebih lanjut Suryo menjelaskan, unsur SAR gabungan yang terlibat dalam pencarian tersebut terdiri dari Pos SAR Sukabumi, Polsek Ujung Genteng, BPBD KabupatenSukabumi, P2BK Kabupaten Sukabumi, dan masyarakat.

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut