get app
inews
Aa Read Next : Melawan saat Akan Disodomi Ternyata Alasan Pelaku Tusuk ART hingga Tewas di Sukabumi

Toko Amelia Cake 2 di Ciaul Sukabumi Terbakar Akibat Tabung Gas Bocor saat Sedang Panggang Kue

Kamis, 25 Mei 2023 | 15:14 WIB
header img
Toko Kue Amelia Cake 2 terbakar akibat tabung gas bocor saat memanggang kue. Foto iNews/Dharmawan Hadi

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id - Toko Kue Amelia Cake 2 yang terletak di Jalan RA Kosasih, Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi terbakar, Kamis (25/5/2023). Diduga, kebakaran tersebut disebabkan oleh kebocoran tabung gas yang terdapat pada mesin panggang (oven) di toko tersebut.

Kasi Pencegahan Bidang Pemadaman dan Penyelamatan Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Sukabumi, Hendar Iskandarsyah, menjelaskan bahwa kejadian ini terjadi sekitar pukul 10.25 WIB. Mereka menerima laporan kebakaran dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sukabumi Kota yang sedang bertugas.

"Kami mengirimkan 3 unit kendaraan pemadam kebakaran karena lokasinya berdekatan dengan ruko lain. Kami mengantisipasi agar kebakaran tidak meluas. Proses pemadaman membutuhkan waktu sekitar 10 menit hingga api berhasil dipadamkan," ujar Hendar Iskandarsyah.

Lebih lanjut, Hendar menjelaskan bahwa mereka hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk mencapai lokasi kejadian karena jarak antara kantor Pemadam Kebakaran Kota Sukabumi dan toko kue yang terbakar hanya sekitar 3,8 kilometer. Total personel yang terlibat dalam penanganan kebakaran tersebut adalah 3 tim atau sekitar 15 orang.

"Syukurlah, tidak ada korban luka atau korban jiwa dalam kejadian ini. Tidak ada kendala apa pun di lapangan. Pihak pengelola yang terbakar mengatakan bahwa api tiba-tiba membesar, kemungkinan disebabkan oleh kebocoran gas yang tiba-tiba," ujar Hendar.

Hendar menambahkan bahwa jika kebakaran disebabkan oleh kelistrikan, api tidak akan langsung membesar. Namun, berdasarkan keterangan dari pengelola, ketika oven sedang memanggang kue, api tiba-tiba menjadi besar. Oleh karena itu, kemungkinan penyebabnya adalah kebocoran gas.

"Kerugian yang diperkirakan sebesar Rp25 juta akibat bahan kue yang terbakar. Namun, ini belum termasuk kerugian secara keseluruhan jika toko tersebut tidak dapat beroperasi (berjualan) untuk jangka waktu tertentu. Kerusakan terjadi di ruko lantai bawah dengan ukuran 6x8 meter. Tempat penjualan dan dapurnya berada di dekat belakang etalase," ungkap Hendar.

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut