get app
inews
Aa Read Next : Terancam Hukuman Mati! Warga Sukabumi DPO Narkoba Jaringan Freddy Budiman Ditangkap 

Sesar Cimandiri Bergerak, Gempa Darat Guncang Sukabumi Sabtu Malam

Sabtu, 27 Mei 2023 | 21:53 WIB
header img
Sesar Cimandiri bergerak akibatnya gempa mengguncang wilayah Kabupaten Sukabumi. Foto BMKG

SUKABUMI, INewsSukabumi.id - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 3,2 menerjang darat Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Sabtu malam (27/5/2023). 

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Hartanto mengatakan, gempa tektonik terjadi pukul 20:43:14 WIB. Gempa darat terjadi akibat aktivitas sesar Cimandiri

"Hasil analisa BMKG, menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan Magnitudo 3,2. Berlokasi di darat pada jarak 9 km Tenggara pada kedalaman 3 km," ungkap Hartanto. 

Pusat gempa sendiri lanjut Hartanto, berada pada koordinat 7.02 Lintang Selatan dan 106.63 Bujur Timur. 

"Jenis dan mekanisme gempa bumi ini, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya. Gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cimandiri," terangnya. 

Menurut ia, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, ini dirasakan di wilayah Sukabumi dan Palabuhanratu. 

"Ini dirasakan oleh beberapa orang karena skala intensitasnya 2 MMI. Kini, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan," timpalnya. 

Adanya guncangan akibat Sesar tersebut, ia meminta masyarakat tetap tenang. 

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tutup Hartanto.

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut