get app
inews
Aa Read Next : Rumah 2 Lantai di Gedongpanjang Sukabumi Ambruk usai Ludes Terbakar Dilalap Api 

6 Kios di Pasar Penampungan Tipar Gede Terbakar Damkar Sebut Kerugian Capai Miliaran Rupiah

Minggu, 04 Juni 2023 | 06:05 WIB
header img
Pasar Penampungan di Tipar Gede Citamiang Sukabumi terbakar Sabtu malam 3 Juni 2023 kerugian capai miliaran rupiah. Foto iNews/Dharmawan Hadi

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id -  Sebanyak 6 kias di Pasar Penampungan yang terletak di Jalan Tipar Gede, Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Jawa Barat (Jabar) terbakar, Sabtu malam 3 Juni 2023. Akibat kebakaran tersebut, enam kios telah terbakar habis oleh api.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Sukabumi Ujang Rustiandi mengatakan, bahwa kejadian ini bermula ketika pihaknya menerima laporan dari Kepolisian tentang kebakaran di pasar penampungan sekitar pukul 23.35 WIB.

"Pukul 23.40 WIB, kami sudah berada di lokasi kejadian dengan mengerahkan 6 unit kendaraan pemadam kebakaran. Titik api berasal dari kios paling barat, diduga akibat korsleting listrik. Saat ini, dugaan sementara ada enam kios yang terbakar, namun api juga menyebar ke kios di sebelahnya namun masih terkendali dan tidak sepenuhnya habis, hanya atapnya yang terbakar," ujar Rustiandi.

Lebih lanjut, Rustiandi menjelaskan bahwa waktu yang dibutuhkan untuk memadamkan api sekitar 45 menit, sementara waktu respons dari kantor pemadam kebakaran ke lokasi kejadian sekitar 5 menit. Hingga pukul 01.00 WIB, petugas masih melakukan pendinginan dan pemeriksaan terhadap kemungkinan sisa api yang masih ada.

"Untuk perkiraan kerugian, satu kios bernilai sekitar Rp100 juta, yang menjual ikan asin, dan ada juga kios senilai Rp250 juta yang menjual makanan beku. Jika ditotal dengan kios lainnya, perkiraan kerugian total mencapai miliaran rupiah," ungkap Rustiandi.

Sementara itu, Hendar Iskandarsyah, Kepala Seksi Pencegahan Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Dinas Satpol PP Kota Sukabumi, menyatakan bahwa ada beberapa kendala yang dihadapi petugas selama proses pemadaman. Pertama, sulitnya akses air, dan kedua, kondisi jalan di pasar.

"Karena ini pasar, kami harus berbagi akses jalan dengan para pedagang yang berusaha menyelamatkan barang dagangan mereka masing-masing. Akibatnya, ada seorang anggota pemadam kebakaran yang terjepit oleh kendaraan, namanya Angga Hardiansyah, saat ini sedang menjalani perawatan di rumah sakit dan dalam proses pemeriksaan," kata Hendar.

Hendar menambahkan bahwa petugas pemadam kebakaran yang terluka saat bertugas tersebut telah menerima perawatan medis di RS Kartika Asih Kota Sukabumi. Korban mengalami luka di bagian paha karena pada saat itu dia sedang mengoperasikan pompa air ketika mobil di depan dan belakangnya terjepit.  
 

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut