get app
inews
Aa Read Next : Gempar! 5 Sapi Betina Merah Sempurna Dianggap Seperti Kisah di Alquran dan Taurat Tiba di Israel 

Apakah Benar Malam Jumat Sunah Rasul dengan Hubungan Badan Suami Istri, Cek Rujukan Hadisnya di Sini

Kamis, 10 Agustus 2023 | 17:39 WIB
header img
Setiap malam Jumat sering kali diartikan sebagai sunah Rasul dengan berhubungan badan suami istri. Apakah benar demikan? (Foto: Muslimgirl)

Ustaz Muhammad Abdu Tuasikal juga menjelaskan bahwa para ulama memahami bahwa pernyataan ini tidak berarti melakukan hubungan suami istri pada malam Jumat.

لسيوطي في تنوير الحوالك: ويؤيده حديث: أيعجز أحدكم أن يجامع أهله في كل يوم جمعة، فإن له أجرين اثنين: أجر غسله، وأجر غسل امرأته. أخرجه البيهقي في شعب الإيمان من حديث أبي هريرة.

As Suyuthi dalam Tanwirul Hawalik dan beliau menguatkan hadits tersebut berkata: Apakah kalian lemas menyetubuhi istri kalian pada setiap hari Jumat (artinya bukan di malam har)? Karena menyetubuhi saat itu mendapat dua pahala: (1) pahala mandi Jumat, (2) pahala menyebabkan istri mandi (karena disetubuhi). Yaitu hadits yang dimaksud dikeluarkan oleh Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman dari hadits Abu Hurairah.

Imam Nawawi rahimahullah menjelaskan, “Jika seseorang meniatkan mandi junub dan mandi Jumat sekaligus, maka maksud tersebut dibolehkan.” (Al-Majmu’, 1: 326)

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut