get app
inews
Aa Read Next : Melawan saat Akan Disodomi Ternyata Alasan Pelaku Tusuk ART hingga Tewas di Sukabumi

Kebakaran di Gunung Jayanti Sukabumi Berhasil Dikendalikan, Asap Putih Masih Terlihat

Sabtu, 23 September 2023 | 13:04 WIB
header img
Kebakaran lahan semak ilalang dan pepohonan yang terjadi di lereng gunung Jayanti, Desa Jayanti, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, berhasil dikendalikan oleh tim gabungan hari ini, Sabtu (23/9/2023). Foto: IST

SUKABUMI, iNewsSeukabumi.id - Kebakaran lahan semak ilalang dan pepohonan yang terjadi di lereng gunung Jayanti, Desa Jayanti, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, berhasil dikendalikan oleh tim gabungan hari ini, Sabtu (23/9/2023).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Wawan Godawan Saputra, menyatakan bahwa api berhasil dipadamkan pada pukul 03.00 WIB. "Alhamdulillah api sudah berhasil dipadamkan sejak pukul 03.00 dinihari," kata Wawan dalam pernyataan resmi.

Proses pemadaman kebakaran itu melibatkan upaya yang panjang dan menjadi tantangan besar bagi tim gabungan yang terdiri dari BPBD Kabupaten Sukabumi, Damkar Sukabumi, TNI, Polri, Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Pelabuhanratu, Forum PRB, dan relawan lainnya.

Medan yang terjal dan curam menjadi kendala, dan mereka harus menembusnya secara manual dalam kondisi minim cahaya untuk memadamkan api.

Pagi ini, Kepala Pelaksana BPBD Sukabumi bersama unsur terkait melakukan pemantauan di lokasi kebakaran. Asap tipis berwarna putih masih terlihat di sekitar lokasi tersebut dan diduga berasal dari ranting atau batang pohon yang terbakar.

"Saat ini, tim sedang memantau lokasi karena terlihat dua titik asap masih muncul," jelas Wawan.

Untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang lebih luas (karhutla), BPBD Kabupaten Sukabumi telah berkoordinasi dengan pihak terkait. Penanganan manual sedang dilakukan untuk memastikan bahwa api benar-benar padam dan tidak ada bara yang tersisa.

"Saat ini, tim polhut sedang melakukan penanganan manual," tambah Wawan.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut