get app
inews
Aa Read Next : Tokoh Jawa Barat Takziah ke Rumah Duka Almarhum Solihin GP

Almarhum Solihin GP Sempat 2 Kali Cuci Darah Sebelum Wafat

Selasa, 05 Maret 2024 | 11:27 WIB
header img
Almarhum Letjen (Purn) Solihin GP, sempat menjalani dua kali cuci darah di RS Advent Kota Bandung. Namun almarhum akhirnya wafat pada Selasa (5/3/2024) sekitar pukul 03.00 WIB. Foto: Agus Warsudi

"Makannya males, ini itu, akhirnya drop stamina, dibawa ke rumah sakit. Itu pun hanya dua malam, kembali lagi ke rumah. Nah terakhir 12 hari lalu ada gangguan di paru-paru, pneumonia. Ditangani oleh dokter yang khusus menangani paru-paru. Diberi antibiotik sembuh paru-parunya, tapi lari ke jantung ada pembengkakan sehingga ada cairan-cairan yang bikin kedua tangannya dan jari kakinya membengkak," ujar Satria.

Setelah ditangani oleh ahli jantung, tutur Satria, almarhum secara medis dinyatakan membaik. Tapi mungkin karena efek obat, sehingga ginjalnya mengalami gangguan. Setelah menjalani dua kali cuci darah, kondisi Mang Ihin tak kunjung membaik hingga akhirnya dinyatakan wafat pada Selasa dini hari.

"Gak ada, karena pas menjelang akhir hayatnya, beliau sudah gak bisa berkomunikasi, kadang kami bicara ada reaksi bahwa masih mendengar ya, dibacakan doa ada keluar air mata tapi tidak bisa menyampaikan yang dipikirkan," tutur Satria Kamal.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut