get app
inews
Aa Read Next : Melawan saat Akan Disodomi Ternyata Alasan Pelaku Tusuk ART hingga Tewas di Sukabumi

Tol Bocimi Bakal Dibuka untuk Mudik dan Gratis Ini Penjelasan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Jum'at, 05 April 2024 | 16:12 WIB
header img
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berencana membuka jalan Tol Bogor Ciawi Sukabumi ( Tol Bocimi) secara gratis sebagai jalur mudik bagi masyarakat ke Sukabumi. Foto iNews.id/Dharmawan H

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, memiliki kabar gembira untuk warga Sukabumi. Menteri PUPR berencana membuka jalan tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) secara gratis sebagai jalur mudik bagi masyarakat yang akan ke Sukabumi.

Keputusan ini diambil setelah terjadinya longsor di Tol Bocimi KM 64 arah Sukabumi yang menyebabkan kecelakaan dan menelan korban jiwa pada 3 kendaraan. Sebelumnya, Jalan Tol Bocimi direncanakan sebagai jalur mudik pada Idul Fitri, namun dibatalkan oleh pihak terkait.

"Kita akan tangani secara temporer, 3 hari ini. Kemudian hari Senin (8/4/2024) nanti kita monitor, kita test dulu, kita upayakan jalur B-nya dulu dipake untuk jalur mudik," ujar Basuki usai melihat kondisi longsor di jalan tol Bocimi, Jumat (5/4/2024) pagi.
 
Langkah ini diambil untuk mengurangi kemacetan di Gerbang Tol (GT) Cigombong. Basuki khawatir akan terulangnya kejadian kemacetan parah seperti dua tahun lalu di jalur mudik Sukabumi, akibat penumpukan kendaraan di GT Cigombong.

"Jadi itu yang sementara, kita tangani, tutup terpal jadi jika ada hujan masih kita amankan, kita test, kalo aman nanti kita akan koordinasi dengan Kepolisian bisa dibuka jalur B-nya, satu arah khusus untuk Golongan I (sedan dan minibus)," ujar Basuki yang didampingi Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin.
 
 
Selanjutnya, Basuki menyatakan bahwa jika tidak ada halangan, pada hari Senin (8/4/2024) jalan tol Bocimi akan dibuka satu jalur khusus bagi Golongan I yang akan mudik lebaran dari arah Jakarta menuju Sukabumi secara gratis.

"Jalurnya yang dipakai jalur B (arah Jakarta) tapi untuk ke arah Sukabumi. Nanti kalo arus balik juga sama hanya menggunakan jalur sebelah sana (arah Jakarta). Untuk tarif tol nanti kita gratiskan, jadi masih tarif seksi I hingga Sukabumi," ujar Basuki. 

 


 

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut