get app
inews
Aa Read Next : Komando Operasi Habema Berbagi Sembako di Kabupaten Mimika 

Warga Geram Bangkai Babi Dibuang Sembarangan di Timika Papua Tengah

Senin, 22 April 2024 | 17:43 WIB
header img
Warga sekitar Jalan Budi Utomo Ujung Timika, Distrik Wania, Mimika, Papua Tengah geram dengan adanya bangkai babi yang dibuang sembarangan di dua titik TPS. Foto iNews/Nathan M

TIMIKA, iNewsSukabumi.id-Warga sekitar Jalan Budi Utomo Ujung Timika, Distrik Wania, Mimika,Papua Tengah geram dengan adanya bangkai babi yang dibuang sembarangan di dua titik Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Diketahui kedua titik TPS itu berada di Jalan Budi Utomo Ujung yang letaknya juga tidak berjauhan. Satu TPS berada di depan perumahan Bintang Timur dan satu TPS lainnya berada di pertigaan lorong SMK Taruna Timika.

Di TPS pertigaan SMK Taruna, ada satu ekor babi yang dibungkus karung namun sudah terbuka dan diletakkan di tepi jalan dekat tempat sampah tersebut.

Warga yang melintas di lokasi terlihat menggunakan tangan menutup hidung dan mulut untuk menghindari sengatan bau bangkai babi yang terhirup.

Adam, seorang warga yang tinggal di dekat TPS, mengaku tidak mengetahui siapa yang membuang bangkai babi di tempat itu.

"Bangkai babi tersebut, terlihat tergeletak sejak pagi. Dia juga menduga, bangkai babi itu sepertinya baru dibuang di waktu subuh," kata Adam.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan telah menghimbau agar masyarakat, khususnya para peternak, agar tidak membuang babi yang mati di sembarang tempat.

Apalagi, di tengah merebaknya virus African Swine Fever (ASF) alias demam babi Afrika di Kabupaten Mimika.

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan juga bahkan telah menyediakan tempat penguburan babi yang jauh dari pusat kota dan menyediakan petugas untuk menjemput langsung di kandang apabila diketahui ada ternak babi yang mati.

Namun, upaya itu tampaknya tidak dihiraukan oleh sejumlah oknum peternak babi di Kabupaten Mimika. Alhasil, bangkai babi masih dibuang di sembarang tempat.

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut