get app
inews
Aa Read Next : Kapak Prasejarah Terbesar di Dunia Ditemukan di Arab Saudi, Ahli: Kedua Sisinya Masih Tajam

Ini Cara Umrah Mandiri yang Aman dan Nyaman Sesuai Aturan Pemerintah

Rabu, 24 April 2024 | 15:19 WIB
header img
Cara umrah mandiri yang aman menjadi sangat penting bagi para jamaah umrah Indonesia. Foto suasana awal bulan Syawal di Masjid Nabawi Madinah. iNews id/Zulhilmi Yahya

MADINAH, iNewsSukabumi.id- Cara umrah mandiri yang aman menjadi sangat penting bagi para jamaah umrah Indonesia. Banyak cara umrah mandiri di luar sana yang tidak aman dan melanggar peraturan pemerintah.

Umrah mandiri menjadi salah salah 1 alternatif umrah selain umrah menggunakan travel umrah. Selain fleksibiltas mengatur jadwal, biaya umrah mandiri bisa dibilang lebih murah dibanding biaya umrah travel.
 


Pada bulan Ramadhan dan Syawal 1445 H yang lalu, iNews.id berkesempatan melaksanakan umrah mandiri di Mekkah dan Madinah. 

Cara dan Biaya Umrah Mandiri yang Aman 

Berikut cara umrah mandiri yang aman dan tidak melanggar peraturan pemerintah Indonesia dan Arab Saudi

1. Biaya Umrah Mandiri

Biaya umrah mandiri sangat dipengaruhi oleh tiket pesawat dan tiket hotel di Arab Saudi. Kedua komponen itu bisa mencakup 80 persen dari total biaya umrah mandiri.

Pada kesempatan umrah mandiri bulan Ramadhan dan Syawal 1445 lalu, harga tiket pesawat Indigo Air Jakarta-Jeddah PP Rp 10,30 juta. 

Harga ini bisa lebih rendah jika pesannya jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan.

Untuk hotel di Mekkah dan Madinah, harga hotel tergantung bintang dan jarak hotel dari masjid. Untuk umroh mandiri kemarin, harga hotel bintang 4 Elaf Ajyad Mekkah (600 meter dari Masjidil Haram) sebesar Rp5,7 juta untuk 4 malam dan hotel bintang 4 Waqf Othman bin Affan Madinah (400 meter dari Masjid Nabawi) Rp7,2 juta untuk 4 malam. 

Kamar hotel yang dipesan berkapasitas 4 orang.  Maka, jika dirata-rata, biaya tiket pesawat dan hotel Mekkah-Madinah adalah Rp13,5 juta per orang.

2. Cara Pesan Tiket Pesawat

Cara pesan tiket pesawat untuk umrah mandiri sangat mudah. Kita bisa memesan tiket pesawat lewat web-web pemesanan tiket online yang ada di internet.

Tiket pesawat yang dipesan bisa sangat bervariasi. Jika kita bisa mendapat promo, maka tiket pesawat yang didapatkan bisa lebih murah. 

Jika ingin memesan tiket pesawat untuk umrah mandiri, pastikan tiket pesawat kita sudah termasuk makan atau belum di atas pesawat.

Jika belum, maka kita harus pesan sendiri ke maskapai atau harus mempersiapkan makanan dari sebelum naik pesawat. Hal ini tentu mempengaruhi harga tiket pesawat yang dibayar.

3. Cara Pesan Kamar Hotel Mekkah dan Madinah

Cara pesan kamar hotel Mekkah dan Madinah juga sama. Kita bisa memesan melalui web-web pemesanan tiket online.

Salah 1 tips ketika memesan kamar hotel Mekkah dan Madinah adalah kita harus pastikan fasilitas apa saja yang didapat dari hotel tersebut. Apakah dengan harga tersebut sudah termasuk sarapan atau belum karena itu pasti mempengaruhi biaya makan selama di Mekkah dan Madinah.

4. Cara Pesan Tiket Kereta Cepat Haramain

Cara pesan tiket kereta cepat Haramain cukup mudah. Hanya saja, metode pembayaran yang bisa dipakai hanya 1, yakni debit online menggunakan kartu debit/kredit Visa/Mastercard. 

Metode pembayaran dengan debit online menggunakan kartu debit/kredit Visa/Mastercard bisa dilakukan dengan semua kartu ATM bank di Indonesia selama ada logo Visa atau Mastercard di kartu ATM nya. 

Setelah memasukkan data penumpang, rute, dan tanggal keberangkatan, kita tinggal memasukkan nomor kartu ATM kita. Pastikan saldo di dalam kartu ATM kita cukup. Setelah itu, kita tinggal memasukkan kode OTP yang dikirim ke nomor HP kita. 

Jika sudah memasukkan OTP, maka saldo dickartu ATM kita akan terpotong otomatis.

5. Cara Pesan dan Biaya Visa Arab Saudi dan Siskopatuh

Cara pesan dan biaya visa Arab Saudi cukup mudah. Ada banyak jasa pembuatan visa Arab Saudi. Untuk umrah mandiri, kita harus memilih visa umrah sesuai data di paspor kita. 

Untuk pembuatan Siskopatuh, kita juga bisa memesan di jasa-jasa pembuatan Siskopatuh. Untuk pembuatan visa umrah dan Siskopatuh, kita harus menggunakan jasa travel umroh yang sudah mendapat izin dari Kemenag RI.

Biaya pembuatan visa umrah sekitar 155 USD atau Rp 2,4 juta. Sedangkan untuk biaya Siskopatuh sebesar 15 USD atau Rp 230 ribu.

6. Biaya Makan dan Transportasi Lokal di Arab Saudi 

Biaya makan di Arab Saudi untuk jamaah umrah mandiri sedikit lebih mahal daripada di Indonesia. Terutama jika kita ingin makan masakan Indonesia di Arab Saudi.  Namun, jika kita makan masakan lokal, biayanya bisa lebih murah.

Sebagai contoh, harga nasi soto ayam per porsi di Madinah adalah 20 SAR (Rp 82.000). Namun, harga roti gandum per bungkus (isi 6 potong besar roti) sebesar 1.15 SAR (Rp 5.000). 

Untuk transportasi lokal, kita bisa sewa bus atau mobil untuk city tour di Mekkah dan Madinah. Range harga sewa mobil di city tour Mekkah dan Madinah sekitar 330-400 SAR (Rp 1,3 -1,6 juta) per trip city tour (2-3 jam). 

Biaya umrah rata-rata yang iNews.id dapatkan untuk Ramadhan dan Syawal kemarin sebesar Rp 20 juta per orang. Biaya ini dikeluarkan saat high season di akhir Ramadhan hingga awal Syawal.

Demikian cara umrah mandiri yang aman dan mengikuti peraturan pemerintah Indonesia dan Arab Saudi. Pastikan cara umrah mandiri kita mengikuti aturan pemerintah Indonesia dan Arab Saudi.

Jika cara umrah mandiri kita menyalahi aturan, maka kita bisa dideportasi dari Arab Saudi dan dilarang masuk Arab Saudi hingga 10 tahun ke depan.

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut