get app
inews
Aa Read Next : 10 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sukabumi: Bisa Ditempuh dengan Jalan Kaki

Anak Bunuh Ibu di Sukabumi! Korban Alami 10 Luka Tusuk, Penyebab Kematian Akibat Pendarahan di Leher

Rabu, 15 Mei 2024 | 12:40 WIB
header img
Dokter Forensik RSUD Kota Sukabumi dr Nurul Aida Fathia (pakai hijab) mengungkapkan hasil autopsi terdapat 10 luka terbuka pada korban Inas. Foto iNews/Dharmawan Hadi

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id- Jenazah Inas (43) ibu yang dibunuh anak kandungnya sendiri, Rahmat alias Si Herang (26) dibawa oleh aparat Kepolisian Polsek Kalibunder ke RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi untuk dilakukan autopsi agar terungkap secara media penyebab korban meninggal dunia akibat pembunuhan tersebut.

Dokter forensik RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi, dr Nurul Aida Fathia mengungkapkan hasil autopsi pada Selasa (14/5/2024) malam, terdapat 10 luka terbuka pada korban yang diakibatkan tusukan benda tajam berkali-kali akibat peristiwa anak bunuh ibu tersebut.

"Jadi tadi kita lakukan pemeriksaan luar terlebih dahulu, itu sekitar jam 17.00 WIanakB, kita temukan banyak luka, terutama luka terbuka pada daerah wajah, leher kemudian ada di bahu dan lengan, kemudian ditemukan juga ada beberapa memar dan lecet hamoir di seluruh tubuh," ujar dr Aida, Rabu (15/5/2024).

Untuk memar dan lecet, kata dr Aida, bisa dipastikan luka akibat benda tumpul dan untuk luka terbukanya cirinya tidak begitu pas tapi mengarah kekerasan benda setengah tajam. Ada tepi yang tajam tapi tidak cukup untuk memotong, namun tidak setajam seperti pisau.

"Luka terbuka yang pasti lebih dari 10, dari keseluruhan total. Kalau waktu kematian, dari kantung mayat sama lebam mayat yang kita dapatkan itu, pada saat kita periksa, sekitar 1 jam sebelum pemeriksaan. Kalau lukanya banyak, tidak mungkin hanya satu kali (tusukan) apalagi lokasinya juga banyak di seluruh tubuh," kata dr Aida.

Kalau lebam kekerasan tumpul dan memar berarti bukan luka terbuka, lanjut dr Aida, kekerasan tumpul tidak harus senjata, bisa tangan kosong atau dibenturkan pada sesuatu juga bisa, tidak harus juga menggunakan alat. 

"Penyebab kematian terutama yang di leher karena lukanya merusak saluran batang nafas, kemudian ada pembuluh darah yang potong sehingga yang pasti menimbulkan banyak pendarahan dan kehilangan nafas. Di leher luka terbuka, kedalaman dari permukaan leher ke batang tenggorokan, 5-6 cm," tandas dr Aida.

Sebelumnya kasus anak bunuh ibu di Sukabumi tersebut membuat gempar warga Kalibunder karena korban pembunuhan tersebut ditemukan di dalam kamar dengan luka mengenaskan. 

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut