get app
inews
Aa Read Next : 10 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sukabumi: Bisa Ditempuh dengan Jalan Kaki

Panen Raya Raka Kreasi Jadi Terobosan Dorong Regenerasi Emas di Sektor Pertanian

Sabtu, 13 Juli 2024 | 16:18 WIB
header img
Festival Budaya Tani Raka Kreasi yang digelar di Cidadap, Simpenan, Sukabumi, Sabtu (13/7/2024), jadi momentum dorong regenerasi emas di sektor pertanian. Foto iNews/Ilham N

SIMPENAN, iNewsSukabumi.id - Festival Budaya Tani Raka Kreasi yang digelar di Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (13/7/2024), menjadi momentum penting dalam mendorong regenerasi emas di sektor pertanian. 

Kepala Desa Cidadap, Deden Anta menjelaskan festival ini bertujuan menggugah minat generasi muda untuk kembali berkecimpung dalam dunia pertanian. 

"Festival Budaya Tani Raka Kreasi adalah upaya kami untuk menghidupkan kembali semangat bertani di kalangan pemuda. Program ketahanan pangan sangat memerlukan regenerasi, dan acara ini menjadi langkah awal untuk memastikan keberlanjutan para petani," ujar Deden Anta. 

Dalam festival ini, berbagai kegiatan simbolis dilakukan, termasuk penyiraman tanaman dan karnaval budaya tani. Semua kelompok tani di Desa Cidadap turut berpartisipasi aktif, dengan 13 kelompok tani yang tersebar di lima kedusunan, mengelola lahan seluas sekitar 200 hektare. 

Di Kedusunan Mariuk, PT Indonesia Power dan PLTU Jabar 2 Palabuhanratu memberikan dukungan signifikan dengan menyediakan tandon air dan mata air untuk keberlanjutan irigasi.

"Melalui kegiatan ini, kami berharap para petani di Desa Cidadap dapat maju dan makmur. Kolaborasi dengan PLTU Jabar 2 Palabuhanratu yang mendukung pertanian berkelanjutan berbasis kearifan lokal dan inovasi sangat membantu petani kami," tuturnya. 

Sementara itu,  PLTU Jabar 2 Palabuhanratu Asep Lukman Hakim menekankan pentingnya sinergi antara perusahaan, masyarakat, dan pemerintah dalam program pemberdayaan. 

"Kami melihat potensi besar di sektor pertanian Desa Cidadap. Oleh karena itu, kami berkolaborasi dalam pengembangan irigasi air dan pupuk alami. Program ini juga mengajak generasi muda untuk berinovasi di bidang pertanian," jelas dia.

Asep menegaskan, bahwa program Raka Kreasi akan terus dilanjutkan secara berkelanjutan. 

"Raka Kreasi adalah singkatan dari Pertanian Berkelanjutan Berbasis Kearifan Lokal dan Inovasi. Dalam bahasa Sunda, Raka berarti kakak, yang melambangkan kolaborasi dan kreasi dalam pertanian yang inovatif," tambahnya.

Dengan Festival Budaya Tani Raka Kreasi ini, harapan besar tertuju pada regenerasi pemuda tani dan keberlanjutan pertanian berbasis kearifan lokal. Inisiatif ini diharapkan dapat memperkuat ketahanan pangan di Kabupaten Sukabumi serta menjadikan pertanian sebagai sektor yang menarik dan berkelanjutan bagi generasi mendatang.

"Mudah-mudahan, regenerasi emas ini khususnya para pemuda bisa tergugah, dan juga kita membuat kelompok pemuda tani kedepan," tandasnya.

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut