get app
inews
Aa Read Next : 10 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sukabumi: Bisa Ditempuh dengan Jalan Kaki

Tim SAR Temukan Jasad Wisatawan Asal Cikembar yang Hilang Tenggelam di Pantai Kapitol Cisolok

Senin, 15 Juli 2024 | 15:49 WIB
header img
Tim SAR gabungan akhirnya menemukan jasad Rizal Suswandi (28) wisatawan yang hilang tenggelam akibat terseret arus di Pantai Kapitol. Foto iNews/Ilham N

CISOLOK, iNewsSUKABUMI.id- Tim SAR gabungan akhirnya menemukan jasad Rizal Suswandi (28)  wisatawan yang hilang tenggelam akibat terseret arus di Pantai Kapitol, Desa Karangpapak, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi

Korban ditemukan tewas pada Senin (15/7/2024) sekitar pukul 10.40 WIB dalam kondisi  terapung di atas perairan, sekitar 3 nautical miles (NM) dari lokasi kejadian.

"Kami bersama unsur SAR gabungan menemukan korban pada siang ini dan kemudian jenazah kami evakuasi menuju RSUD Palabuhan Ratu untuk selanjutnya kami serahkan kepada pihak keluarga," kata Koordinator Pos SAR Sukabumi Suryo Adianto.

Suryo menjelaskan, upaya pencarian pada hari ketiga dilakukan dengan membagi tim SAR gabungan menjadi tiga area pencarian. 

Tim pertama menyisir lautan dengan luas area pencarian sekitar 9 NM² di sekitar lokasi kejadian. Tim kedua menggunakan drone untuk pencarian hingga radius 200 meter dari lokasi kejadian. 

Sementara tim ketiga melakukan pengamatan visual melalui jalur darat, menyisir pinggiran pantai hingga radius 5 kilometer dari lokasi kejadian.

Sebelumnya, Rizal Suswandi, pria asal Kampung Warung Asem, Desa Bojongkembar, Kecamatan Cikembar, hilang setelah terseret ombak saat berusaha menyelamatkan Maulid Dani (23), seorang wisatawan dari Dusun Karanganyar, Teluk Jambe, Kabupaten Karawang yang terseret ombak deras di Pantai Kapitol. 

Namun, karena tidak mengetahui kondisi ombak yang berbahaya di pantai tersebut, Rizal sendiri malah tergulung ombak hingga tidak terlihat dari daratan.

Tim SAR gabungan segera diterjunkan untuk proses pencarian korban. Satu kapal karet milik Badan SAR Nasional (Basarnas) dan speedboat dari Satpol Airud menyisir laut di sekitar lokasi hilangnya Rizal. Upaya pencarian melibatkan banyak pihak, termasuk tim dari Basarnas, Satpol Airud, TNI dan berbagai unsur SAR lainnya.

"Tim gabungan terus melakukan pencarian hingga melibatkan tim SAR gabungan," kata Kasatpol Airud Polres Sukabumi, AKP Tenda Sukendar, Sabtu (13/7/2024).
 

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut