get app
inews
Aa Read Next : 10 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sukabumi: Bisa Ditempuh dengan Jalan Kaki

Gempa Beruntun Guncang Sukabumi, Dirasakan hingga ke Bayah Banten

Kamis, 15 Agustus 2024 | 10:38 WIB
header img
Ilustrasi gempa. Foto: Dok iNews.id

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id - Rangkaian gempa bumi berturut-turut mengguncang Sukabumi, Jawa Barat, sejak Kamis (15/8/2024) dini hari hingga pagi ini. Tercatat lima kali gempa berturut-turut mengguncang daerah tersebut dengan pusat gempa yang bervariasi.

Menurut analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa pertama terjadi pada pukul 00:09 WIB dengan kekuatan magnitudo 2,6. Lokasinya berada 92 km barat daya Kabupaten Sukabumi pada kedalaman 17 km.

Gempa susulan terjadi pada pukul 02:00 WIB, 02:39 WIB, 03:43 WIB, dan 04:32 WIB dengan magnitudo berkisar antara M2,3 hingga M2,7.

Sementara itu, di wilayah Bayah Banten, dalam rentang waktu yang sama terjadi 34 kali gempa berturut-turut. Gempa terbesar berkekuatan Magnitudo 5,2 terjadi pada pukul 00:55 WIB.

Rangkaian gempa ini tidak hanya dirasakan di Bayah, tetapi juga mengguncang beberapa wilayah di Provinsi Jawa Barat.

"Gempa di Bayah sangat terasa tadi malam. Gempanya besar, jadi kaget ya, terutama kita yang tinggal di daerah rawan longsor," ujar Elsa Selvia, warga Kabandungan Sukabumi.

Sebagian besar gempa di Bayah berpusat di barat daya dengan kedalaman yang bervariasi antara 8 hingga 34 km. Rangkaian gempa ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat, terutama di wilayah yang terdampak langsung.

"Mudah-mudahan tidak ada dampak apa pun terhadap rumah-rumah warga," ujarnya.

Sementara itu, BMKG terus memantau aktivitas seismik dan mengimbau masyarakat untuk tetap tenang namun waspada. Hingga saat ini, belum ada laporan resmi mengenai kerusakan atau korban akibat rangkaian gempa ini.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut