get app
inews
Aa Read Next : Profil Armand Hartono, Pribadi Sederhana Walau Banyak Harta

Susi Pudjiastuti, Pengepul Ikan Jadi Pengusaha Sukses

Kamis, 14 April 2022 | 16:11 WIB
header img
Susi Pudjiastuti. Foto: IDXChannel

 

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id —Sebagai salah satu wanita sukses di Indonesia, Susi Pudjiastuti telah melalui berbagai rintangan hingga menjadi seperti sekarang. 

Namanya dikenal setelah menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) periode 2014-2019. Meski pengangkatannya menuai pro dan kontra lantaran hanya berijazah SMP, namun kinerja Susi justru dinilai sangat baik. 

Siapakah sosok wanita yang satu ini dan bagaimana kisah sukses Susi Pudjiastuti? Dilansir dari IDXChannel beginilah lika-liku perjalanan hidupnya;

Nama Susi Pudjiastuti memang mencuat pertama kali setelah masuknya dalam Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia yang hanya berijazah SMP terpilih menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP). Kala itu publik geger dan menuai pro dan kontra. Namun, siapa sangka, di balik pro kontra tersebut, Susi justru berhasil membuktikan kemampuannya dengan berbagai kebijakan yang dinilai berhasil. 

Tak hanya terkenal di bidang politik, wanita yang satu ini justru telah lebih dulu terkenal di bidang penerbangan karena memiliki usaha di bidang aviasi bernama Susi Air. 

Di balik kesuksesannya sebagai pengusaha dan mantan menteri, Susi rupanya berasal dari keluarga peternak dan penjual sapi di Jawa Barat. Kedua orangtuanya berasal dari Jawa Tengah dan sudah lama tinggal di Pangandaran.

Susi bahkan telah mulai belajar berbisnis sejak dirinya masih SMP. Ketika anak-anak lain justru sibuk dengan masa remajanya, Susi menghabiskan masa remajanya dengan fokus memulai bisnis. Hal inilah yang menyebabkan Susi menjadi satu-satunya menteri dalam Kabinet Kerja yang hanya berijazah SMP. 

Menjadi Pengepul Ikan

Setelah tak lagi bersekolah, Susi mencoba memulai sebuah usaha. Ia mencoba peruntungan di bidang yang sama dengan orangtua dan kakeknya yakni menjadi pengusaha. Ia memulai usaha pertamanya sebagai seorang pengepul ikan di Pangandaran, Jawa Barat.

Tahun 1983 merupakan tahun bersejarah baginya karena menjadi awal mula seorang Susi merintis usaha. Bermodalkan uang hasil menjual perhiasan sebanyak Rp750 ribu, Susi mulai menekuni usaha mengepul ikan. 

Tahun demi tahun berlalu sejak Susi jatuh bangun membangun usaha perikanannya, ia akhirnya menjumpai keberhasilan. Tahun 1996, Susi berhasil mendirikan pabrik pengolahan ikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product dengan produk unggulannya lobster dengan merek Susi Brand. 

Merambah Bidang Penerbangan

Bisnis pengolahan ikan Susi berhasil dikenal hingga ke pasar Asia dan Amerika. Susi pun mulai merambah bisnisnya ke bidang penerbangan lantaran ia membutuhkan sarana transportasi udara yang mampu dengan cepat mengangkut lobster, ikan, dan hasil laut miliknya. Ia pun memutuskan untuk membeli dua pesawat Cessna Caravan pada tahun 2004. Dengan pesawat ini, Susi dapat mengirim ikan dan lobster ke luar negeri dengan kualitas yang tetap terjaga kesegarannya. 

Tak hanya pintar berbisnis, kisah inspiratif Susi Pudjiastuti menginspirasi banyak orang karena kedermawanannya. Salah satu kedermawanan Susi adalah meminjamkan pesawat yang baru dibelinya tersebut untuk membantu mengirim bantuan ke Aceh saat bencana tsunami Aceh melanda tahun 2004 silam. 

Pihak organisasi kemanusiaan kemudian memiliki keinginan untuk menyewa pesawat Susi hingga akhirnya Susi memulai bisnis di bidang penerbangan ini. Perusahaan penerbangan Susi dinamakan dengan namanya sendiri yakni Susi Air. Hingga tahun 2012, Susi Air telah memiliki sebanyak 50 pesawat dengan berbagai tipe. 

Punya Banyak Penghargaan dan Berhasil Menjadi Menteri KKP

Kisah inspiratif Susi Pudjiastuti tak terlepas dari beragam prestasi yang dimilikinya. Meski hanya seorang lulusan SMP nyatanya Susi berhasil menjadi seorang Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP). Ia menunjukan kemampuan dan loyalitasnya terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ia bahkan menempati posisi pertama dengan tingkat kepuasan 91,95% dalam daftar 10 besar menteri dengan tingkat kepuasan tertinggi dari Alvara Research Center. 

Tak hanya prestasinya sebagai menteri, Susi juga memiliki sederet prestasi bahkan sebelum dirinya masuk dalam Kabinet Kerja Jokowi. Ia mendapatkan beberapa penghargaan antara lain sebagai berikut. 

-Pelopor Wisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat tahun 2004.
-Young Entrepreneur of the Year dari Ernst and Young Indonesia tahun 2005.
-Primaniyarta Award for Best Small & Medium Enterprise Exporter 2005 dari Presiden Republik Indonesia.
-Metro TV Award for Economics, Inspiring Woman 2005.
-Eagle Award 2006 dari Metro TV.
-Sofyan Ilyas Award dari Kementerian Kelautan dan Perikanan pada tahun 2009.

Susi Pudjiastuti hanya berijazah SMP, namun perjuangan hidupnya yang gigih dan pantang menyerah telah mengantarkannya menjadi pengusaha sukses dan pernah menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. 
 

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut