get app
inews
Aa Read Next : Pantai Ujunggenteng Sukabumi Bertabur Sampah, Warga Kesal Rusak Pos Retribusi

Ciletuh Geopark Siap Direvalidasi

Rabu, 18 Mei 2022 | 11:14 WIB
header img
Wakil Bupati Sukabumi H Iyos Somantri memimpin rapat revalidasi CPUGGp di Pendopo Kabupaten Sukabumi, Selasa (17/5/2022). Foto: Pemkab Sukabumi.

SUKABUMI, iNews.id — Secara keseluruhan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp) telah siap direvalidasi. Berbagai masukan selama pra-revalidasi telah dilakukan untuk perbaikan. 

"Semuanya telah disiapkan dan disempurnakan oleh masing-masing perangkat daerah terkait," kata Wakil Bupati Sukabumi H Iyos Somantri saat memimpin rapat revalidasi CPUGGp di Pendopo, Selasa (17/5/2022), dilansir Pemkab Sukabumi. Rapat tersebut membahas hasil pra-revalidasi yang telah dilakukan pada 11-13 Mei 2022 lalu.

Kebersihan CPUGGp menjadi hal yang ditekankan Wabup Iyos. Menurut Wabup, semua area harus bersih dari sampah. "Jangan sampai ada sampah yang berserakan. Cek semua spot," katanya.

Sejumlah lokasi telah dikunjungi selama pra revalidasi. Hal itu mulai dari pusat informasi geopark, Desa Wisata Hanjeli, Museum Megalodon, home industri Pawon Mogesh, pelepasan penyu Pantai Pangumbahan, Puslit Unpad, Museum Konservasi (Papsi), Geosite Curug Sodong, SD Tegal Caringin, Kampung Homestay, Puncak Dharma, dan Kasepuhan Adat Sinar resmi.

Sejumlah masukan telah disampaikan kepada Pemkab Sukabumi untuk disempurnakan. Sehingga, ketika proses revalidasi pada 25-28 Mei 2022 semuanya telah siap.

Ketua Harian Badan Pengelola CPUGGp Dodi Somantri menambahkan, kesiapan revalidasi relatif baik. Semua pihak bersama-sama bersinergi untuk penilaian kembali CPUGGp ini. "Kesiapan relatif baik. Semua telah terkoordinasi dengan baik," pungkasnya.

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut