get app
inews
Aa Read Next : Pantai Ujunggenteng Sukabumi Bertabur Sampah, Warga Kesal Rusak Pos Retribusi

Pemkab Sukabumi Luncurkan Perahu Kertas

Selasa, 31 Mei 2022 | 13:13 WIB
header img
Peluncuran progam Perahu Kertas. Foto: Pemkab Sukabumi.

SUKABUMI, iNews.id — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi meluncurkan program Perempuan Hebat untuk Keluarga yang Berkualitas (Perahu Kertas) pada Selasa (31/5/2022). Program Perahu Kertas fokus terhadap pemberdayaan perempuan.

Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi H Iyos Somantri menjelaskan, Perahu Kertas merupakan program prioritas guna mengoptimalkan potensi perempuan sumber daya pembangunan untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga, serta mencapai kesetaraan gender dan keadilan bagi perempuan.

Selain itu, meningkatkan kapasitas perempuan dalam keluarga. Dengan begitu, kekerasan, diskriminatif, keterbatasan akses terhadap perempuan dalam bidang ekonomi, sosial, dan politik dapat diminimalisir.

Wabup Iyos mengatakan, program Perahu Kertas ini memiliki lima fokus utama yakni pendidikan, kesetaraan gender, kesehatan, ekonomi, dan potensi diri bagi perempuan. "Lima tujuan itu harus kita capai. Sehingga, perempuan hebat, keluarganya berkualitas," kata Wabup Iyos, dilansir laman Pemkab Sukabumi.

Untuk menyukseskan program Perahu Kertas ini ada fasilitator yang akan dibekali kemampuan. Sehingga, mereka bisa mengemban tugas untuk mensosialisasikan ke masyarakat. "Jadi, fasilitator ini yang akan membantu mensosialisasikan ke masyarakat. Sehingga, tujuan akhirnya dapat terwujud," 
katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Sukabumi H Eki Radiana Rizki mengatakan, program ini baru berjalan di 10 kecamatan dan diproyeksikan berjalan hingga 2026 nanti.  

"Sekarang baru meliputi 10 kecamatan yakni, Sukabumi, Cireunghas, Cisaat, Cicantayan, Kebonpedes, Kadudampit, Palabuhanratu, Simpenan, Cisolok, dan Cikakak. Setelah itu terus berkembang hingga 47 kecamatan," katanya.

Dalam program yang baru diluncurkan ini, terdapat 100 fasilitator yang disiapkan. Mereka berasal dari 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi. "Mereka diberikan bekal melalui pelatihan. Sehingga, fasilitator ini bisa menyebarkan ilmunya ke masyarakat di masing-masing kecamatan," pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan juga doa bersama untuk anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril agar dapat segera ditemukan.

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut