Pelanggaran Lalu Lintas Meningkat Korlantas Polri Pertimbangkan Terapkan Lagi Tilang Manual  

Puteranegara Batubara
Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi. Foto: SINDOnews

JAKARTA, iNewsSukabumi.id - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi  akan mempertimbangkan kembali penerapan tilang manual untuk melakukan penindakan terhadap pengendara yang melanggar di jalan raya. Karena sejak pemeberlakuan tilang elektronik (e-TLE) kesadaran berlalu lintas masyarakat menurun. 

"Apakah akan dilakukan berlakukan lagi tilang manual, itu tadi. Kalau saya boleh bilang itu tadi, kayanya nanti kenapa saya harus pertimbangkan," ungkap Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi di Gedung NTMC, Jakarta, Selasa (3/1/2023). 

Dengan pertimbangan itu, kata Firman, lantaran, setelah ditiadakannya tilang manual, yang ada masyarakat bukannya meningkat kesadarannya akan aturan berkendara, tetapi malah berkurang.  

"Salah satunya itu tadi, masyarakat beberapa bukannya kesadaran yang muncul. Ketika polisi tidak melakukan penilangan, bukannya sadar. Tapi yang ada pelat nomornya dicopot yang belakang, coba dicek deh," timpal Firman.  

Bahkan, Firman menyebut, ada masyarakat yang mencopot pelat nomor kendaraannya demi menghindari jepretan kamera tilang elektronik.  

"Tapi sekali lagi untuk ini pun polisi bukan berarti diam saja. Kalau kita akan tetap memberikan teguran, bahkan untuk potensi yang langkahnya bisa fatal, kita harus memberikan peringatan-peringatan," ujar Firman.  

Di sisi lain, Firman menjelaskan, kehadiran Polisi di jalan raya tidak semata-mata bertugas hanya melakukan penilangan.  

"Jadi kalau masyarakatnya tadi itu tidak muncul kesadaran, ya penegakan hukum dengan kehadiran polisi dengan penegakkan hukumnya akan kita munculkan lagi, sambil kita lengkapi fasilitas untuk ETLE kita di lapangan," tandasnya.  

Sebelumnya Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan jajaran Polisi Lalu Lintas untuk mengedepankan tilang elektronik (e-TLE) dibanding tilang manual.

Editor : Suriya Mohamad Said

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network