Kronologi Penembakan KKB Terhadap Patroli Kodim Yahukimo yang Mengakibatkan 1 Prajurit Gugur 2 Luka

Herawati/SM Said
KKB menembak personel Kodim 1715/Yahukimo yang tengah berpatroli menggunakan sepeda motor di Km 4 Jalan Paradiso Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo. Foto korban luka anggota Kodim Yahukimo/Ist

YAHUKIMO, iNewsSukabumi.id - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menembak personel Kodim Yahukimo yang tengah berpatroli menggunakan sepeda motor di Km 4 Jalan Paradiso Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo, Rabu (1/3/2023) . Akibat penyerangan tersebut satu prajurit Kodim 1715/Yahukimo yaitu Pratu Lukas Worembai gugur sementara dua orang anggota lainnya yaitu Pratu Nico dan Sertu Roby mengalami luka tembak pada pinggang belakang sebelah kanan dan pada paha kanan saat ini dalam kondisi sadar di RSUD Dekai Yahukimo.

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman mengatakan, lokasi kejadian penyerangan tepatnya di Km 4 Jalan Paradiso Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo.
 
"Dalam penyerangan tersebut, seorang prajurit TNI gugur tertembak dan dua lainnya terluka," kata Kapendam dalam pernyataan tertulis yang diterima iNews.id Network, Rabu (1/3/2023). 
  
Menurut Kapendam, hingga pukul 16.20 WIT, gerombolan KST atau yang lebih dikenal dengan KKB masih melakukan penembakan sehingga terjadi kontak tembak. 

Berdasarkan informasi kronologi yang diterima iNews.id Network, menurut korban selamat peristiwa tersebut bermula sekitar pukul 16.00 WIT. Dimana tim patroli motor Kodim 1715/ Yahukimo melaksanakan patroli ke arah Paradiso bawah melewati kantor statistik, setibanya di ujung jalan tim patroli berbalik arah kembali menuju kota.

Tim patroli motor terbagi menjadi dua regu yg masing masing regu terdiri dari 8 motor dan 16 personil. Regu pertama dan regu kedua terpisah jarak sekitar 300 meter dimana regu pertama berada di bagian depan. 

Setibanya di TKP sekira pukul 16.15 WIT tim patroli regu pertama dihadang dan ditembaki dari samping kiri jalan oleh orang tak dikenal. 

Lalu regu kedua tiba di TKP dan langsung melakukan tembakan ke arah para pelaku. Para pelaku kemudian melarikan diri ke arah hutan. 

Pada pukul 16.20 WIT mobil patroli Kodim 17.15 WIT tiba di TKP dan mengevakuasi korban ke RSUD Dekai.  
 
   

Editor : Suriya Mohamad Said

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network