Ketua MUI Pusat Pertama Buya Hamka, Jabat 6 Tahun Mampu Jadikan Organisasi yang Diperhitungkan

Vitrianda Hilba Siregar/Network
Ketua Majelis Ulama Indonesia atau MUI pusat pertama adalah Buya Hamka. Buya Hamka dilantik sebagai Ketua MUI pada tanggal 5 Desember 1975. Foto: Dok

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id -  Ketua Majelis Ulama Indonesia atau MUI pusat pertama adalah Buya Hamka. Buya Hamka dilantik sebagai Ketua MUI pada tanggal 5 Desember 1975 hingga kematiannya pada tanggal 24 Juli 1981.

Buya Hamka adalah seorang ulama, sastrawan, sejarawan, dan juga aktivis kemerdekaan Indonesia yang terkenal. Ia lahir di Kampung Molek, Maninjau, Sumatera Barat pada 17 Februari 1908. Buya Hamka aktif menulis sejak usia muda dan banyak karya tulisnya yang menjadi acuan bagi pengembangan bahasa dan sastra Indonesia. Di antara karya tulisnya yang terkenal adalah Tafsir Al-Azhar dan Novel "Di Bawah Lindungan Ka'bah".

Pada saat dilantik sebagai Ketua MUI pertama, Buya Hamka telah memiliki pengalaman dan prestasi yang sangat baik dalam bidang agama. Ia adalah salah satu pendiri Persatuan Islam (Persis) pada tahun 1923 dan juga pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Tafsir Al-Quran (MTA) selama lebih dari 10 tahun. Buya Hamka juga aktif dalam organisasi-organisasi Islam dan nasionalis lainnya.

Sebagai Ketua MUI pertama, Buya Hamka berusaha membangun dan mengembangkan organisasi Islam ini menjadi lebih kuat dan mampu memberikan arahan serta panduan bagi umat Islam di Indonesia.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network