Profil dan Biodata Ampi Tanudjiwa Purnawirawan TNI asal Sukabumi, Masuk Politik Gagal Jadi Gubernur

Apriliyanti Kartini/Mg1
Profil dan biodata Ampi Tanudjiwa, purnawirawan TNI asl Sukabumi, masuk politik gagal jadi gubernur. Foto: Wikipedia

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id - Profil dan biodata Ampi Tanudjiwa salah satu perwira tinggi militer sekaligus politikus senior di Indonesia. Purnawirawan TNI kelahiran Sukabumi ini memiliki perjalanan karir militer yang cukup panjang. 

Ampi Tanudjiwa ternyata pernah terjun ke dunia politik dengan mencalonkan diri sebagai Gubernur Banten, namun gagal hingga 2 kali.

Di akhir kehidupan masa pensiunnya Ampi pernah mendapat dugaan terlibat dalam organisasi Saracen.

Profil dan Biodata Ampi Tanudjiwa

Mayor Jenderal TNI (Purn) Raden Ampi Nurkamal Tanudjiwa  adalah seorang purnawirawan TNI sekaligus politikus yang lahir di Sukabumi pada 21 April 1948. 

Ayah dari Ampi Nurkamal Tanudjiwa adalah seorang perwira menengah polisi beretnis Sunda-Banten dengan pangkat terakhir Kolonel yaitu, K.H.R.N.A.L Tanudjiwa, sedangkan ibunya adalah R.A. Tejaningsih Calmi, beretnis Sunda-Padang. 

Ampi memulai pendidikan di SD lalu lulus di tahun 1959. Setelah itu beliau melanjutkan pendidikannya di SMPN 9 Jakarta dari tahun 1959 sampai 1962 dan melanjutkan pendidikan SMA nya di tahun 1965 sampai 1965. 

Semasa bertugas di kemiliteran Ampi melanjutkan studinya di berbagai perguruan tinggi. Ampi memperoleh gelar Sarjana Administrasi Publik pada tahun 1995 dari Universitas Iskandar Muda, gelar Sarjana Hukum dari  AHM-PTHM Military Law College pada tahun 1996, dan gelar Magister Manajemen Pemasaran dari American World University pada tahun 1998.

Ampi diketahui menikah dengan Taty Muliaty. Setelah menikah mereka dikaruniai tiga anak yang bernama Mufi Nurhakim Tanudjiwa yang lahir di tahun 1978, Nuridah K. Tanudjiwa yang lahir di tahun 1981 dan Nurnissa Tanudjiwa yang lahir di tahun 1989. 

Jabatan militer terakhir Ampi adalah sebagai Wakil Komandan Sekolah Staf Umum dan Komando TNI Angkatan Bersenjata Republik Indonesia pada tahun 1998 hingga tahun 2000.

Sedangkan jabatan politik terakhirnya adalah sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Korea Republik Indonesia pada tahun 2000 sampai tahun 2003.

Editor : Hikmatul Uyun

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network