Korsleting Listrik! Rumah di Simpenan Sukabumi Hangus Terbakar hingga Rata dengan Tanah

Ilham Nugraha
Sebuah rumah di Kampung Cikaramat, RT 05 RW 06, Desa Cihaur, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, hangus terbakar pada Selasa (4/6/2024). Foto iNews/Ilham N

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id - Sebuah rumah di Kampung Cikaramat, RT 05 RW 06, Desa Cihaur, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, hangus terbakar hingga rata dengan tanah pada Selasa (4/6/2024).

Dandi Sulaeman P2BK Simpenan menyatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 13.30 WIB mengakibatkan satu unit rumah milik Bapak Iwan dan istrinya, Ibu Mulyati, ludes terbakar. 

"Saat petugas datang, api sudah membungbung tinggi, disitu warga gotong royong memadamkan kobarannya," kata Dandi Sulaeman.

Dandi Sulaeman menyebut Rumah panggung berukuran kurang lebih 9 x 7 meter persegi tersebut dihuni oleh empat jiwa. Beruntung, tidak ada korban luka maupun jiwa dalam peristiwa ini.

"Saat itu kondisinya penghuni rumah sedang di luar, sehingga tidak menimbulkan korban," terangnya.

Namun, kerugian material ditaksir mencapai delapan puluh juta rupiah karena seluruh bangunan beserta barang elektronik di dalamnya habis terbakar. Diduga kuat, penyebab kebakaran adalah korsleting listrik.

"Ada dugaan Korsleting listrik, sebab kondisi saat itu tidak ada yang menyalakan kompor," tuturnya.

Kebakaran yang diduga akibat korsleting listrik ini menjadi pengingat pentingnya keselamatan listrik di rumah-rumah warga. Oleh karena itu, P2BK Simpenan mengimbau agar masyarakat lebih memperhatikan kondisi instalasi listrik di rumah masing-masing.

“Kami sangat menyarankan warga untuk memeriksa kondisi instalasi listrik secara berkala dan memastikan tidak ada kabel yang terkelupas atau komponen yang aus,” kata Dandi Sulaeman.

Setelah kejadian, masyarakat beserta pemerintah setempat segera melakukan aksi gotong royong untuk membersihkan puing-puing bangunan dan memadamkan api yang masih menyala. 
 

Editor : Suriya Mohamad Said

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network