get app
inews
Aa Read Next : Toko Online Jual Minyak Goreng Minyakita akan Ditutup Paksa Kementerian Perdagangan

Kemendag Segera Take Down 129 Pedagang Online Jual Minyakita di Atas Rp14.000 per Liter

Sabtu, 09 Juli 2022 | 05:00 WIB
header img
Sejumlah pedagang di marketplace menjual Minyakita melebihi HET Rp14.000 per liter. Foto: MPI.

 

JAKARTA, iNews.id —Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyebutkan terdapat 129 pedagang di lokapasar atau marketplace yang menjual Minyakita di atas harga Rp14.000 per liter. Artinya, 129 pedagang online tersebut melanggar penetapan HET atau harga eceran tertinggi

Padahal saat peluncuran Minyakita, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) menegaskan, penjualan Minyakita boleh di bawah HET tapi tidak boleh di atas HET. 
Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Ditjen PKTN) Veri Anggrijono telah melakukan pengawasan untuk menertibkan penjualan Minyakita.   

"Kemendag berkoordinasi dengan idEA dan anggotanya untuk melakukan penurunan (take down) terhadap tautan penjualan Minyakita di atas HET," kata Veri dalam keterangannya, dikutip hari ini. 

Selain itu, juga dilakukan pengawasan mandiri terhadap para pedagang di masing-masing platform agar menjual Minyakita sesuai HET.  

"Dengan begitu, kebutuhan minyak goreng masyarakat dapat terpenuhi," ujarnya. Sebagai informasi, berdasarkan pantauan MNC Portal Indonesia (MPI) di marketplace atau toko online, sudah beberapa pihak yang menjual Minyakita setelah Mendag Zulhas meresmikan peluncuran perdana pada Rabu (6/7/2022). 

Tetapi yang menjadi sorotan adalah harga yang ditawarkan di marketplace melebihi HET yang sudah ditetapkan pemerintah.  

Contohnya di platform Shopee, toko online di Probolinggo menjual Minyakita seharga Rp23.000 per liter. Kemudian toko lain di daerah Tuban menjual hingga Rp24.500 per liter.  Sementara di platform Tokopedia, hal serupa juga terjadi. Ada toko online di Bondowongso yang menjual seharga Rp22.000 per liter. Bahkan toko online di Bogor, ada yang menjual lebih mahal lagi mencapai Rp42.000 per liter.
 

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut