get app
inews
Aa Read Next : Citayam Fashion Week Dimeriahkan Electronik Dance Music 

Citayam Oh Citayam Riwayatmu Dulu..

Sabtu, 23 Juli 2022 | 15:12 WIB
header img
Stasiun KA Citayam tempo dulu.Foto/Istimewa.

 

JAKARTA, iNews.id —Ramainya anak-anak remaja pamer outfit yang mereka kenakan saat ke kawasan Stasiun KA Dukuh Atas, Sudirman membuat masyarakat menyebutnya Citayam Fashion Show. Sekumpulan anak yang berasal dari Citayam Bojonggede Depok yang nongkrong di kawasan Sudirman itu membuat publik memplesetkan sebutannya menjadi SCBD. Nama Citayam pun ikutan trending di media sosial. 

Mengenal Citayam, adalah salah satu wilayah di pinggiran Kota Depok yang berbatasan dengan Kabupaten Bogor.  Bagaimana asal usul nama Citayam tersebut. Dihimpun dari sejumlah sumber dilansir SINDOnews.com, di masa lalu Citayam adalah sebuah kampung yang bertetangga dengan Kampung Cipayung. 

Dari mana nama asal Citayam belum diketahui secara pasti. Ada yang menyebut Citayam dari dua suku kata, Cit berasal dari peuncit dan Ayam berati ayam. Dalam bahasa Sunda jika digabungkan menjadi Pameuncitan Ayam yang dalam bahasa Melayu berartinya pemotongan ayam. Bahkan ada yang sekenanya menyebut, kata Citayam diambil dari nama Ci dan Ayam yang artinya adalah Sungai Ayam. 

Peta Landhuis Land Citayam, 1900 (peta: kitlv.nl) Berdasarkan peta ‘Tjipajoeng: herzien in de jaren 1899-1900’ yang diterbitkan oleh Topographisch Bureau pada 1901, sudah disebutkan nama Citayam yang ditulis dengan Tjitajam. 

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut