get app
inews
Aa Read Next : Miris! Investasi Apple di Indonesia Cuma Rp1,6 T Padahal di Vietnam Bisa Tembus Rp225 Triliun

Mentan Sebut Garut Siap Pasok 10 Juta Bibit Kopi untuk Indonesia

Senin, 29 Agustus 2022 | 19:41 WIB
header img
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo didampingi Bupati Garut Rudy Gunawan, meninjau tempat pembibitan kopi di Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (28/8/2022). Foto: Kementan.

GARUT, iNews.id —Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyatakan Kabupaten Garut, Jawa Barat merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbesar yang siap memasok 10 juta bibit kopi untuk ditanam dan dikembangkan daerah lain di seluruh Indonesia.

 

"Atas perintah Bapak Presiden, Garut siap untuk 10 juta bibit kopi. 10 juta pohon itu dari Garut saja, belum dari daerah lainnya," kata Mentan Syahrul Yasin Limpo didampingi Bupati Garut Rudy Gunawan saat meninjau tempat pembibitan kopi di Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, Garut, pada Minggu (28/8/2022).

Menurut Mentan, dengan adanya bibit kopi dari Garut, kemudian ditambah lagi dari daerah lainnya tentu akan mendorong Indonesia bisa menjadi negara produsen kopi terbesar di dunia. Inovasi bibit kopi harus dapat dikembangkan di berbagai daerah sehingga Indonesia yang saat ini menduduki posisi ketiga produksi kopi dunia dapat dengan cepat menduduki posisi pertama ke depannya.

"Makanya pengembangan kopi melalui produksi benih kopi harus diwujudkan sekaligus untuk memenangkan tantangan krisis pangan dan energi di masa depan. Ekspor kopi pun ditingkatkan dan kopi kita jadi nomor satu di dunia," kata Mentan Syahrul optimistis.

Mentan menyampaikan hasil peninjauan dan penjelasan langsung dari Bupati Garut ternyata wilayah Garut sudah siap menjadi pusat pembibitan kopi untuk kepentingan Indonesia. 

Provinsi Jawa Barat, kata dia, merupakan wilayah penghasil bibit kopi nasional dengan total target produksi mencapai 3 juta batang tahun 2022, dan saat ini produksi kopi terus berkembang pesat tercatat pada Januari-Maret 2022 total penanaman mencapai 499.000 batang, pada April-Januari 2022 sebanyak 1,01 juta batang, Juli-September 300.000 batang dan Oktober-Desember mencapai 900.000 batang.

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut