get app
inews
Aa Read Next : Melawan saat Akan Disodomi Ternyata Alasan Pelaku Tusuk ART hingga Tewas di Sukabumi

Libur Idul Adha Tol Bocimi Seksi 2 Tidak Dibuka Fungsional, Ini Penyebabnya  

Selasa, 27 Juni 2023 | 14:59 WIB
header img
Peninjauan langsung kesiapan jalan tol Bocimi seksi 2 yang akan dibuka secara fungsional beberapa waktu lalu. Foto MPI/Dharmawan Hadi

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id - Pada momen libur Idul Adha tahun 2023 ruas Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) seksi 2 tidak dioperasikan fungsional. Penyebabnya jalan tol yang masih dalam tahap pembangunan mulai dari Cigombong hingga Exit Parungkuda tersebut, belum memiliki sertifikat hasil uji kelayakan operasi.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, Uus Firdaus mengatakan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR RI) yang belum mengeluarkan sertifikat uji kelayakan tersebut, memastikan Tol Bocimi Seksi 2 tidak dibuka secara fungsional.

"Berdasarkan koordinasi kami dengan BPJT, katanya Insya Allah kalau tidak ada kendala akan dibuka di pertengahan Agustus 2023. Makanya, Jalan Tol Bocimi Seksi 2 itu belum bisa dibuka secara fungsional pada liburan panjang Idul Adha," kata Uus, Selasa (27/6/2023).

Uus menambahkan, alasannya tidak dibuka secara fungsional, karena Jalan Tol Bocimi yang mempunyai panjang sekitar 11,9 kilometer itu, karena masih ada beberapa perbaikan. 

"Ya, kalau informasi dari BPJT seperti itu, karena masih ada perbaikan dan informasinya pengen diresmikan pertengahan Agustus tahun ini. Jadi tidak difungsikan menjelang libur panjang Idul Adha," timpal Uus.

Saat ini progres Tol Bocimi Seksi 2 tersebut, lanjut Uus, telah memasuki proses finishing dan pengujian dari PUPR dan Kemenhub serta pihak Kepolisian. 

"Jadi, informasi sementara seperti itu yah. Bahwa Jalan Tol Bocimi Seksi 2 itu, belum bisa digunakan para pemudik pada lebaran Idul Adha," ujar Uus. 

Sekedar informasi, jika Jalan Tol Bocimi Seksi 2 tidak dioperasikan fungsional, warga yang akan melakukan mudik dan balik di momen lebaran Idul Adha 1444 Hijriah atau 2023 Masehi ini, ada beberapa titik kemacetan yang harus diantisipasi di sepanjang jalan menuju Sukabumi.

Pertama di pintu tol keluar Cigombong, lalu Pasar Cicurug, Pasar Parungkuda, Pasar Cibadak dan Alun-alun Cisaat sebelum masuk ke Kota Sukabumi. 

Namun ada beberapa jalan alternatif yang bisa dilalui untuk menghindari kemacetan tersebut. Jalan alternatif Tenjoayu hingga Cipanggulaan untuk menghindari Pasar Cicurug, alternatif Cibadak Nagrak Karangtengah untuk menghindari Pasar Cibadak dan Jalan Lingkar Selatan untuk menghindari kemacetan di Cisaat.
 

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut