get app
inews
Aa Read Next : 8 Wisata Jembatan Kaca di Indonesia, Pemandangannya Indah dan Memacu Adrenalin

15 Curug di Sukabumi, Rekomendasi Tempat Healing yang Gak Bikin Kantong Kering

Kamis, 07 September 2023 | 17:52 WIB
header img
Deret curug di Sukabumj, cocok jadi tempapt healing. Foto: istimewa

JAKARTA, iNewsSukabumi.id - Curug di Sukabumi tak kalah menarik dari tempat wisata lainnya. Tidak heran jika Sukabumi menjadi buruan para wisatawan untuk berbondong -bondong mengunjungi curug yang sejuk dan indah.

Sukabumi menjadi salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki potensi wisata alam yang banyak. Liburan mengunjungi curug di Sukabumi dijamin bisa menjadi tempat healing terbaik untuk menghilangkan penat sekaligus mendapatkan pengalaman yang luar biasa.

Curug di Sukabumi

1. Curug Pareang

Curug Pareang ini salah satu curug di Sukabumi yang sangat sejuk. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 135 meter, dan keindahan yang luar biasa. Curug Pareang ini berlokasi di Desa Sindangresmi, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi. Tiket masuk wisata alam Curug Pareang cukup terjangkau, mulai dari Rp3.000 hingga Rp15.000 sudah cukup untuk parkir.

2. Curug Cikanteh

Curug Cikanteh terletak di Ciwaru, Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Untuk dapat ke Curug Cikanteh memerlukan tenaga yang ekstra karena treknya sangat sempit dan memiliki banyak tanjakan. Tidak hanya memiliki trek yang sulit dan curam, kalian harus melewati beberapa sungai dan
harus melewatinya dengan sangat hati-hati.

Curug Cikanteh memiliki fasilitas yang lengkap, seperti toilet, mushola, rumah makan, area parkir, dan tempat sampah.

3. Curug Awang

Curug awang merupakan salah satu air terjun terbesar yang berada di Geopark Ciletuh. Curug Awang memiliki ketinggian mencapai 40 meter dan lebar 60 m. Curug ini bisa dibilang Air Terjun unik karena ukurannya yang sangat besar dan lebar.

Curug Awang ini terletak di Cibenda, Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Fasilitas yang tersedia diantaranya terdapat toilet, area parkir, dan rumah makan. Tiket masuk ke Curug Awang ini mulai dari harga Rp8.000.

4. Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung merupakan salah satu curug di Sukabumi. Air terjun ini sangat indah dan memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Curug Cimarinjung terletak di tengah lereng berbatu tertua di Pulau Jawa.

Curug ini masih di satu daerah dengan Curug Awang, dan memiliki jam operasional dari pukul 9.00 - 17.30 WIB.

Fasilitas yang terdapat di Curug Awang diantaranya seperti toilet, area parkir, dan rumah makan. Curug ini kurang cocok untuk wisata keluarga yang membawa anak kecil atau balita, karena aksesnya yang bisa dibilang lumayan sulit.

5. Curug Lembah Purba

Curug Lembah Purba ini masih berada di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Tidak hanya jembatan gantungnya saja yang menarik, curugnya pun menarik untuk dikunjungi.

Curug ini memiliki dua aliran air yang sangat istimewa. Di sekelilingnya curug ini dipenuhi pepohonan lebat yang begitu menyejukan. Konon katanya pepohonan tersebut beberapa ada pohon purba, maka dari itu curug ini dinamakan Curug Lembah Purba.

Untuk menikmati keindahan curug ini kalian harus menggunakan jasa Guide dan mengikuti paket tur yang tersedia, minimal 4 orang dengan membayar Rp400.000. Dari harga tersebut, kalian akan mendapatkan tiket kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, tiket menyebrang Suspension Bridge, Guide atau yang memandu dan menjelaskan selama perjalanan menuju curug, makan siang serta di pasangkan alat pengaman dan mendapatkan jas
hujan.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut