get app
inews
Aa Read Next : Nekat Terobos Palang Pintu Rel dan Tertabrak KA, Pemotor di Tambun Bekasi Tewas 

6 Kota Terpanas di Jawa Barat, Nomor 3 Dijuluki Planet Asing karena Suhunya di Atas Normal

Senin, 23 Oktober 2023 | 17:28 WIB
header img
Deret Kota terpanas di Jawa Barat, ada wilayah yang dijuluki planet asing saking panasnya suhu. Foto: Ilustrasi/Freepik

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id - Deret kota terpanas di Jawa Barat ini memiliki suhu yang sangat tinggi dibanding wilayah lainnya. Bekasi, salah satu kota di wilayah Jawa Barat bahkan sering mendapat julukan sebagai "planet asing" karena suhunya yang sering di atas normal.

Suhu panas dan terkadang lebih tinggi dari biasanya karena letak Indonesia tepat di garis khatulistiwa. 

Tak hanya Bekasi yang dianggap sebagai kota terpanas di Jawa Barat, setidaknya ada wilayah lain yang suhunya sama panasnya.

Kota Terpanas di Jawa Barat

1. Cirebon 

Cirebon  memiliki suhu udara paling tinggi dibandingkan wilayah lain di Jawa Barat. Kota ini bahkan menjadi saingan suhu “planet luar” yang juga dikenal dengan nama Bekasi.

Cirebon termasuk  dalam 6 kota atau kabupaten di Jawa Barat yang memiliki suhu panas. Panasnya Cirebon diperkirakan bisamencapai 37 derajat celsius.

2. Majalengka

Selain Cirebon, Majalengka juga dikenal sebagai wilayah terpanas di Jawa Barat. Suhunya bisa mencapai 37 derajat celsius. Disaat musim kemarau yang berkepanjangan ini suhunya bahkan dapat mencapai 38 hingga 39 derajat celcius.

3. Bekasi

Bekasi merupakan salah satu wilayah yang memiliki julukannya tersendiri yaitu “Planet Luar” atau Planet Asing karena wilayah ini dikenal dengan suhunya yang panas di atas normal.

Terkenal akan panasnya, namun Bekasi ternyata bukan urutan pertama sebagai daerah terpanas di Jawa Barat. Bekasi memiliki suhu hingga 33 derajat celsius dan saat musim kemarau suhunya akan meningkat hingga  angka 37 derajat celsius.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut