get app
inews
Aa Read Next : Terancam Hukuman Mati! Warga Sukabumi DPO Narkoba Jaringan Freddy Budiman Ditangkap 

Jalan Tol Bocimi Arah Sukabumi Dibuka hingga Gate Parungkuda, Contraflow Gunakan Jalur Jakarta

Kamis, 11 April 2024 | 15:12 WIB
header img
Jalan Tol Bogor Ciawi Sukabumi arah Sukabumi dibuka untuk umum, Kamis (11/4/2024). Foto iNews.id/Dharmawan Hadi

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id-Jalan Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Tol Bocimi) dibuka untuk umum pada H+1 lebaran Idul Fitri 2024, Kamis (11/4/1024) siang. Kendaraan yang akan menuju Sukabumi dari arah Jakarta, bisa keluar hingga Gate Parungkuda (GT Parungkuda).

Jalan Tol Bocimi yang sempat ditutup untuk umum dikarenakan ada longsor di KM 64 arah Sukabumi. Sebanyak 4 jalur dari kedua arah di jalan tol yang baru diresmikan baru 1 tahun tersebut, ditutup karena khawatir dapat menimbulkan longsor susulan.

Awalnya longsor yang menimbulkan lobang besar terjadi di bahu jalan dan jalur 1 arah Sukabumi. Namun dikarenakan ada longsor susulan, jalur 2 ikut terkena longsoran sehingga semua jalur arah Sukabumi terputus total.

Semua kendaraan baik yang akan dan menuju Sukabumi keluar dan masuk di Gate Cigombong, selanjutnya kendaraan masuk di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor melalui Cicurug, Parungkuda, Cibadak hingga Cisaat dan akhirnya masuk Kota Sukabumi.

Setelah melakukan perbaikan temporer dan dilakukan uji coba, siang ini tol Bocimi dibuka untuk satu arah dari Jakarta menuju Sukabumi dengan melakukan contraflow (lawan arah) menggunakan jalur arah Jakarta dari Sukabumi. 

Kasat Lantas Polres Sukabumi, AKP Fiekry Adi Perdana mengatakan, khusus untuk kendaraan Golongan I meliputi sedan dan minibus, siang ini sudah bisa melewati jalan tol Bocimi dari Jakarta ke arah Sukabumi, hingga Gate Parungkuda.

"Untuk kendaraan yang akan menuju Sukabumi dari arah Jakarta bisa melewati jalan tol Bocimi hingga Gate Parungkuda. Namun untuk arah sebaliknya dari Sukabumi ke Jakarta tetap melalui Gate Cigombong," ujar Fiekry.

Adapun rencananya pengoperasiannya, lanjut Fiekry, akan dibatasi hingga pukul 17.00 WIB dan atau Korlantas akan melihat situasional kondisi lalu lintas di jalan Nasional Sukabumi-Bogor untuk mempertimbangkan membuka jalan tol Bocimi arah Sukabumi hingga Gate Parungkuda.

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut