get app
inews
Aa Read Next : Tragis! Pekerja Pabrik Kapur di Sukabumi Tewas Tergiling Mesin Batu bara

KPU Baru Terima 40 Persen Dana Hibah untuk Pilkada Sukabumi 

Senin, 10 Juni 2024 | 14:22 WIB
header img
Ketua KPU Kabupaten Sukabumi Kasmi Belle, mengungkapkan bahwa anggaran untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mencapai Rp 71,5 miliar. Foto iNews/Ilham N

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id-Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi Kasmi Belle, mengungkapkan bahwa anggaran untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mencapai Rp 71,5 miliar. 

Anggaran ini merupakan hibah dari Pemerintah Kabupaten Sukabumi, yang hingga saat ini baru terealisasi sebesar 40 persen.

"Anggaran Pilkada Rp 71,5 miliar sekian, saya lupa lagi ujungnya. Itu dari hibah Kabupaten (Pemerintah Kabupaten Sukabumi) dan belum masuk semua, baru 40 persen. Jadi masih 60 persen lagi," kata Kasmi Belle, Senin (10/6/2024).

Kasmi menjelaskan, bahwa KPU Kabupaten Sukabumi saat ini beroperasi dengan anggaran yang terbatas, hanya menggunakan 40 persen dari total hibah yang telah diterima. 

"Iya belum (masuk semuanya), makanya kita mengeluarkan anggaran yang kecil, 40 persen. Jadi anggaran yang dikeluarkan pemda itu dua tahap, 40 persen dan 60 persen. Yang sudah masuk 40 persen," ungkapnya.

Anggaran tersebut akan digunakan untuk berbagai kegiatan penting KPU, termasuk sosialisasi dan perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). 

"Sosialisasi banyak itu (kegiatan), untuk perekrutan PPK juga masih banyak. Kalau gaji PPK dari provinsi," jelas Kasmi.

Sebagai bagian dari persiapan Pilkada, KPU Kabupaten Sukabumi telah resmi meluncurkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 di Palabuhanratu pada Sabtu (08/06/2024) malam. 

Acara ini dihadiri oleh seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 47 kecamatan, serta jajaran Forkompimda dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan yang mengusung tema "Sauyunan Berdemokrasi, Pilkada Kabupaten Sukabumi Gemilang" ini merupakan wujud komitmen KPU Kabupaten Sukabumi dalam mengajak masyarakat untuk aktif menggunakan hak pilih pada 27 November 2024 secara bebas, jujur, dan adil.

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut