Menyoal Pacaran Islami Tetap Saja Haram, Berikut Penjelasan Disertai Dalil

Vitrianda Hilba Siregar
Memangnya ada pacaran islami atau ini hanya sebagai cara kreativitas yang salah untuk seolah-olah membolehkan Muslim dan Muslimah berpacaran.(Foto : Freepik)

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id - Memangnya ada pacaran islami atau ini hanya sebagai cara kreativitas yang salah untuk seolah-olah membolehkan Muslim dan Muslimah berpacaran.

Allah Ta'ala Yang Maha Penyayang kepada hamba-Nya telah menutup segala celah yang bisa membinasakan hamba-Nya, di antaranya adalah zina dan segala pengantar menuju zina.

Allah Ta'ala berfirman:

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا ۖ إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

"Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk."(QS.Al-Isra':32)

Allah melarang hamba-Nya untuk mendekati perzinahan, karena zina itu adalag suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk. Maka segala hal yang bisa mengantar kepada bentuk perzinahan telah diharamkan pula oleh Allah. Sedangkan pacaran adalah sebesar-besar perkara yang bisa menghantarkan ke pintu perzinahan.

Islam mengharamkan pacaran karena mengandung beberapa perkara maksiat, di antaranya:

1. Memandang Lawan Jenis Bukan Mahram

Hendaknya seorang muslim menjaga matanya dari memandang perkara-perkara yang diharamkan untuk dilihat.
Allah Ta'ala berfirman:

قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ۚ ذَٰلِكَ أَزْكَىٰ لَهُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ 

Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat".(QS.An-Nuur:30)

2. Saling Merayu, dan Menggoda dengan Suara Lembut

Pacaran juga dipenuhi dengan cumbu rayu yang dibalut dengan suara mengandung syahwat dan sejuta godaan dusta.

Allah Ta'ala berfirman:

يَا نِسَاءَ النَّبِيِّ لَسْتُنَّ كَأَحَدٍ مِنَ النِّسَاءِ ۚ إِنِ اتَّقَيْتُنَّ فَلَا تَخْضَعْنَ بِالْقَوْلِ فَيَطْمَعَ الَّذِي فِي قَلْبِهِ مَرَضٌ وَقُلْنَ قَوْلًا مَعْرُوفًا

"Hai isteri-isteri Nabi, kamu sekalian tidaklah seperti wanita yang lain, jika kamu bertakwa. Maka janganlah kamu tunduk dalam berbicara sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya dan ucapkanlah perkataan yang baik."(QS.Al-Ahzab:32)

Al-Hafizh Ibnu Katsir rahimahullah berkata menafsirkan ayat ini:
"Seorang wanita berbicara dengan orang lain dengan ucapan yang didalamnya tidak terdapat kemerduan suara, yakni seorang wanita tidak berbicara dengan orang lain sebagaimana ia berbicara dengan suaminya (dengan penuh kelembutan)"(Tafsir Al-Qur'an Al-Karim 3/636)

3. Menemui Wanita Tanpa Mahram, dan Tanpa Pembatas

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

"Hati-hatilah kalian dari masuk menemui wanita, seorang lelaki dari kalangan Anshar berkata; Bagaimana pendapatmu dengan kerabat suami?, Maka Rasulullah bersabda; mereka adalah kematian."
(HR.Al-Bukhari 5232, Muslim 2172, At-Tirmidzy 1171)

4. Berduaan Antara Pria dan Wanita

Seorang dilarang berduaan dengan lawan jenisnya yang bukan mahramnya, karena hal itu akan membuat setan lebih leluasa menggoda dan menjerumuskannya dalam Zina.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:
"Jangan sekali-sekali salah seorang di antara kalian (kaum pria) berduaan dengan seorang wanita, karena setan adalah pihak ketiganya."
(HR.At-Tirmidzy 2165, Ahmad 114)

5. Memegang dan Menyentuh Pacar

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: 
"Andaikan kepala seseorang di cerca dengan jarum besi, itu lebih baik (ringan) baginya dibandingkan menyentuh seorang wanita yang tidak halal baginya."
(HR. Ar-Ruyani dalam Al-Musnad 227/2, Ath-Thabrani dalam Al-Kabir 486)

Wallahu a'lam bish-shawaab. Semoga bermanfaat barakallahu fiikum

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network