Mengenal Museum Prabu Siliwangi Tempat Bersejarah di Sukabumi, Simpan Koleksi Benda-Benda Langka

Apriliyanti Kartini/Mg1
Museum Prabu Siliwangi. Foto: Instagram

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id - Mengenal Museum Prabu Siliwangi salah satu tempat bersejarah di Sukabumi yang menyimpan berbagai koleksi benda langka.

Museum Prabu Siliwangi merupakan museum yang ada di Sukabumi yang didirikan oleh Muhammad Fajar Laksana. Pendirian Museum ini diresmikan pada 4 Mei 2011 oleh Gubernur Jawa Barat pada masa itu, yaitu oleh Ahmad Heryawan.

Sejarah Museum Prabu Siliwangi

Hampir 70% benda-benda yang ada di Museum Prabu Siliwangi merupakan warisan dari Raden Agung Sumawinata yang berperan sebagai kakek pendiri museum, keturunan ke-15 Prabu Siliwangi. Nama-nama keturunan Prabu Siliwangi telah tercatat dengan baik di Museum Prabu Siliwangi dan dapat dibuktikan dengan surat keterangan dari sekolah desa tertanggal tahun 1910.

Pendirian Museum Prabu Siliwangi diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat pada tanggal 4 Mei 2011 bersamaan dengan kawasan Wisata Edukasi Pondok Pesantren Sukabumi Jawa Barat.

Pada tanggal 20 Januari 2015, Museum Prabu Siliwangi resmi menjadi anggota museum Indonesia yang ke-175. Yayasan Museum Prabu Siliwangi kemudian didirikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada 5 Februari 2019.

Koleksi Museum Prabu Siliwangi

Museum Prabu Siliwangi memiliki banyak koleksi benda langka seperti batu, keramik dinasti, logam, kuningan ,dan masih banyak lagi. Di Museum Prabu Siliwangi memiliki koleksi sebanyak 641 benda, yang berupa batu sebanyak 131, 60 benda keramik dinasti cina, benda logam dan kuningan sebanyak 16, beda senjata dan pusaka sebanyak 165, serta kitab kuno sebanyak 269.

Selain itu, Museum Prabu Siliwangi juga punya peninggalan sejarah berupa 65 buah keris, 17 buah parang, 12 buah prajurit samurai Jepang, 6 pedang Tiongkok, 6 pedang nasional Belanda, dan 2 buah pistol keluarga Belanda.

Lalu ada 30 kujang, 23 tombak Pajajaran, 5 buah Alquran masa Sunan Gunung Jati abad 14 hingga 18, 25 buah naskah kuno berbahan daluang, 23 buah naskah kitab Suwasit berbahan kulit bambu.

Aksara Sunda Kuno yang memuat Sasakala Prabu Siliwangi merupakan terjemahan dari naskah kitab Raden Suwasit. Soemawinata dalam aksara Arab Sunda berjumlah 205 lembar.

Lokasi Museum Prabu Siliwangi

Lokasi museum ini ada di Komplek Pesantren Dzikir Al- Fath, Jalan Merbabu Perumahan Gading Kencana Asri, Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Gunung Puyuh Kota Sukabumi.

Informasi tersebut dapat kalian ketahui untuk mengenal Museum Prabu Siliwangi, yang ternyata tempat bersejarah di Sukabumi dan simpan koleksi benda-benda yang langka.

Editor : Hikmatul Uyun

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network