Curug Sawer di Sukabumi: Lengkap dari Sejarah, Harga Tiket, Spot Foto hingga Lokasinya

Apriliyanti Kartini/Mg1
Curug Sawer di Sukabumi. FOTO: ist

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id - Curug Sawer di Sukabumi merupakan salah satu tempat wisata yang ramai didatangi oleh wisatawan. Untuk mengenal lebih jauh soal tempat wisata ini, berikut sejarah Curug Sawer, harga tiket hingga lokasinya.

Sukabumi menjadi salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki wisata alam yang banyak. Salah satunya adalah Curug Sawer, yang mana pesonanya tidak kalah indahnya dari curug di tempat lainnya.

Curug Sawer juga sangat viral di media sosial karena menyimpan keindahan yang sangat menarik untuk berfoto-foto. Dengan harga tiket masuk yang sangat murah.  wisatawan bisa menghilangkan kejenuhan hiruk pikuk kehidupan.

Sejarah Curug Sawer

Pada zamannya, Curug Sawer dikenal sebagai tempat yang angker, karena tempat ini menyimpan kisah mistis di dalamnya. Wisata ini dulunya sering digunakan untuk ritual mistis.

Konon pemberian nama Curug Sawer ini bermula dari adanya orang sakti yang tinggal di kaki Gunung Ciremai. Ia menyelenggarakan upacara saweran di sungai Cipada untuk mendapatkan keberkahan untuk dirinya dan keturunannya. Ia bertapa bertahun-tahun hingga wafat.

Menurut cerita lainnya, di curug ini terdapat ular raksasa yang hidup secara gaib. Ular itu disebut merupakan jelmanan dari orang sakti yang jasadnya tidak hancur meski sudah wafat.

Harga Tiket Masuk Curug Sawer

Harga tiket masuk Curug Sawer masih bisa dibilang sangat relatif murah. Harga tiket untuk orang dewasa hanya dikenakan biaya sebesar Rp15.000 dan untuk anak-anak hanya sebesar Rp10.000 saja. 

Lokasi Curug Sawer

Curug Sawer ini berlokasi di Gede Pangrango, Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Untuk bisa ke Curug ini para pengunjung harus biasanya melewati Jembatan Gantung Situ Gunung terlebih dahulu. Setelah melewati jembatan gantung tersebut pengunjung harus jalan kaki kembali ke jalur bebatuan yang terdapat pegangan di sebelah kanan jalannya. Jalur dari jembatan ke curug tersebut menempuh waktu sekitar 30 menit sampai 1 jam lamanya.

Untuk bisa menikmati Curug Sawer ini kalian bisa datang kapan saja, pasalnya curug ini buka setiap hari dari pukul 07.00 - 18.00 WIB.

Fasilitas Curug Sawer 

Curug Sawer ini memiliki fasilitas yang lumayan lengkap. Di Curug Sawer tersedia tempat glamping yakni kegiatan camping yang mewah. Tak jauh dari curug ini tersedia tempat camping dengan area yang sangat luas.

Selain tersedia tempat glamping di sini juga tersedia fasilitas lain seperti curug pada umumnya yaitu, toilet yang bersih, mushola dan area parkir yang luas.

Spot Foto Curug Sawer

Bagi para pemburu foto keren dan estetik, kalian bisa memotret keindahan alam di Curug Sawer ini.

Kalian bisa memanfaatkan momen keindahan hamparan sawah yang luas dan pepohonan yang menjulang tinggi. Selain itu kalian juga bisa berselfie dan mengabadikan Curug Sawer yang sangat indah ini.

Itulah informasi seputar Curug Sawer lengkap dari sejarah, harga tiket, hingga lokasinya. Semoga informasinya bermanfaat dan Selamat berlibur…

 

Editor : Hikmatul Uyun

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network