Kerahkan Heli dan Pesawat TNI AU, Pasukan Khusus TNI Polri Evakuasi Korban Kekejaman OPM di Hameyo

Nathan Making
Pasukan gabungan TNI Polri dengan menggunakan Heli dan Pesawat berhasil mengevakuasi jenazah korban kekejaman OPM di Hameyo, Intan Jaya. Foto Pen Kogabwilhan III

INTAN JAYA, iNewsSukabumi.id- Pasukan Khusus TNI Polri dengan bantuan Heli Puspenerbad dan Pesawat TNI AU berhasil mengevakuasi jenazah Alexsander Parapak korban kekejaman OPM di Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya, Sabtu (4/5/2024). Sehari sebelumnya Pasukan Gabungan TNI Polri yang terdiri dari satuan jajaran Komando Operasi TNI (Koops TNI) Habema dan Satgas Nanggala Kopassus Damai Cartenz berhasil menguasai wilayah Hameyo setelah mendapat teror dan serangan Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Sebelumnya pada 30 April 2024 yang lalu, OPM pimpinan Keni Tipagau melakukan penyerangan terhadap Polsek Homeyo dan mengakibatkan seorang remaja bernama Alexsander Parapak meninggal dunia. Almarhum Alexsander merupakan warga pendatang dari Suku Toraja yang lahir di Makale Sulawesi Selatan pada 20 tahun silam. Akibat penembakan OPM, Alexsander meninggal dunia dan disemayamkan selama hampir 5 hari lamanya di Homeyo.
 
Menindaklanjuti situasi tersebut, satuan-satuan TNI di bawah koordinasi Kogabwilhan III langsung bergerak cepat sehingga  pada Sabtu pagi (4/5/2024) berhasil mengevakuasi jenazah Almarhum Alexsander dari Distrik Homeyo menuju Timika Kabupaten Mimika. Proses evakuasi tersebut menggunakan sarana Helikopter gabungan TNI Angkatan Darat dan Polri serta pesawat TNI Angkatan Udara.

Pasukan gabungan TNI Polri di bawah koordinasi Kogabwilahan III tersebut melibatkan satuan-satuan TNI dari jajaran Koops Habema dan Satgas Nanggala Kopassus Damai Cartenz, personel Puspenerbad serta TNI Angkatan Udara. 

Dalam proses evakuasi tersebut, selain jenazah Almarhum Alexsander, Apkam Gabungan TNI Polri juga berhasil mengevakuasi tiga orang warga pendatang yang akan kembali ke kampung halamannya, yakni seorang guru dan dua orang anak-anak.

"Operasi Evakuasi dari wilayah Distrik Homeyo merupakan kegiatan kemanusiaan untuk mewujudkan situasi keamanan wilayah yang kondusif guna mendukung semua proses percepatan pembangunan Papua," kata Panglima Kogabwilah III Letjen TNI Richard TH Tampubolon, pasca operasi penindakan.

Editor : Suriya Mohamad Said

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network