Program ini melahirkan generasi kelima Kijang pada 2004 dengan sematan nama baru, yaitu Kijang Innova. Ini menjadi Kijang pertama yang foKus hanya sebagai kendaraan penumpang dilengkapi inovasi dan teknologi canggih. Citra Toyota Kijang Innova sebagai kendaraan premium mulai terbentuk dalam memenuhi kebutuhan mobilitas kalangan menengah.
Kijang Innova terus dikembangkan mengikuti tren dan kebutuhan yang terus berubah dari waktu ke waktu. Kijang Innova Reborn meluncur pada 2015 mulai mengubah tampilan serta posisinya sebagai kendaraan keluarga premium namun tetap mempertahankan DNA Kijang yakni durable, comfortable, dan peace of mind.
Saat itu, Indonesia kembali mendapatkan kehormatan melakukan world premiere Kijang Innova Reborn berkat prestasinya mempertahankan keunggulan Kijang Innova. Pada 2017, Kijang Innova hadir dengan varian baru yaitu Innova Venturer yang dilengkapi dengan tambahan fitur dan aksesoris premium. Memasuki era elektrifikasi, Toyota memperkenalkan mobil konsep berbasis Kijang, yaitu Kijang Innova EV Concept yang sepenuhnya bertenaga listrik di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022.
Kehadiran Kijang Innova EV Concept ini mencerminkan langkah Toyota untuk membuat elektrifikasi dan local model menjadi bagian dari ekosistem industri otomotif nasional. Terhitung sejak awal diluncurkan, milestones produksi 1 juta unit Kijang dicatat pada 2003.
Bahkan di 2022 ini, total penjualan Toyota Kijang di pasar otomotif nasional menembus angka 2 juta unit. Di mana penjualannya pada periode Januari-Mei 2022 mencapai lebih dari 20.000 unit atau meningkat 14,6 persen dibandingkan 2021. Milestone ini semakin mengukuhkan predikatnya sebagai legenda mobil keluarga Indonesia dari generasi ke generasi.
Editor : Eka L. Prasetya
Artikel Terkait