get app
inews
Aa Read Next : Melawan saat Akan Disodomi Ternyata Alasan Pelaku Tusuk ART hingga Tewas di Sukabumi

Sukses Tanpa Merantau, Ini 5 Kisah Pengusaha Teladan di Desa

Sabtu, 25 Juni 2022 | 14:00 WIB
header img
5 Kisah Sukses Pengusaha di Desa, Jadi Jutawan Tanpa Merantau. (Foto: binaswadaya.org)

3. Andris Wijaya dari Garut

Kisah sukses pengusaha di desa berikutnya adalah kisah Andris Wijaya. Ia merupakan pengusaha sukses yang berasal dari Garut, Jawa Barat. Meski dirinya merupakan lulusan teknik mesin, namun ia memilih untuk menjadi seorang pengusaha beras. Bisnis beras ini bermula dari ayahnya yang merupakan seorang penjual beras curah. 

Andris yang merasa bahwa beras Garut memiliki kualitas yang baik ini pun memiliki ide untuk mengolahnya menjadi produk yang inovatif. Ia membuat produk yang diberinya nama Nasi Liwet Instan 1001. Meski pada awalnya sempat ditolak oleh beberapa toko, namun kini bisnisnya berhasil berkembang pesat. Andris bahkan bisa mengantongi omzet hingga mencapai Rp40 juta per hari atau Rp1 miliar per bulannya. 

4. Ishak Abdul dari Desa Krangean

Ishak Abdul Azis memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya di Krangean, Purbalingga, dan merintis usaha. Ia mencoba membuat inovasi dengan mengolah hasil panen singkongnya yang melimpah menjadi kerupuk singkong yang diberinya nama “Ewong”. Inovasinya ini rupanya mendapatkan sambutan yang baik. Ia yang pada awalnya hanya menjual 10 kilogram kerupuk singkong per hari, kini berhasil menjual hingga 1,5 ton. Ishak membidik pasar yang luas di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Dengan harga jual hanya Rp4.500 per bungkus, ia mampu meraup pendapatan hingga Rp45 juta per bulan. 

5. Mardiana dari Desa Simbang
Kisah sukses pengusaha di desa yang terakhir berasal dari Mardiana dari Desa Simbang, Sulawesi Selatan. Ia merupakan pengusaha yang sukses di bidang budidaya jamur liar. Mardiana mendapatkan inspirasi bisnisnya ini dari internet. Dengan modal hanya Rp1 juta, ia pun memulai bisnis jamur liar ini pada 2010. Modal ini merupakan modal gabungan dengan beberapa temannya. 

Berkat ketekunannya, Mardiana pun berhasil memasarkan bisnisnya di Jawa hingga Bali. Dalam sebulan, Mardiana mampu meraup omzet hingga Rp40-60 juta per bulan. Bisnis yang diberi nama Celebes ini sukses tak hanya di dalam negeri tapi juga hingga ke luar negeri seperti Brazil dan Inggris. 

Itulah beberapa kisah sukses pengusaha di desa yang sangat inspiratif. Para pengusaha ini membuktikan bahwa kesuksesan tidak hanya ada di kota-kota besar. Kesuksesan bisa diraih asalkan Anda cermat memanfaatkan setiap peluang.

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut