get app
inews
Aa Read Next : Terancam Hukuman Mati! Warga Sukabumi DPO Narkoba Jaringan Freddy Budiman Ditangkap 

Sukses Tanpa Merantau, Ini 5 Kisah Pengusaha Teladan di Desa

Sabtu, 25 Juni 2022 | 14:00 WIB
header img
5 Kisah Sukses Pengusaha di Desa, Jadi Jutawan Tanpa Merantau. (Foto: binaswadaya.org)

SUKABUMI, iNews.id — Mereka tidak merantau namun bisa berhasil dan sukses di desanya. Berikut ini kisah sukses pengusaha di desa yang menawan sebagai inspirasi dan motivasi kita semua.

Siapakah mereka? Kami sajikan kisah sukses pengusaha di desa berikut ini!

1. Ulus Pirmawan dari Lembang

Ulus Pirmawan merupakan seorang pengusaha di bidang pertanian yang berasal dari Kampung Gondok, Lembang, Bandung Barat. Keterbatasan ekonomi membuat Ulus tak melanjutkan pendidikannya ke jenjang SMP. Ia pun memilih untuk menekuni pertanian yang memang telah dilakukan oleh orangtuanya sejak dulu. Ia pun menggarap lahan pertanian miliknya sendiri. 

Tekadnya yang kuat dan semangatnya dalam menghasilkan produk pertanian yang memuaskan konsumen berhasil mengantarkannya menjadi pengusaha sukses. Ia berhasil memanen buncis super yang kemudian dijualnya ke kota-kota besar. Tak hanya itu, buncis super tersebut pun berhasil diekspor ke luar negeri sejak 1995. Ia pun berhasil memperoleh penghargaan Food Agriculture Organisation (FAO) sebagai petani teladan pada 2017 lalu. 

2. Aang Permana dari Cianjur

Aang Permana juga pemuda desa yang berhasil menjadi pengusaha sukses di sektor pengolahan ikan. Ia berasal dari Cianjur dan rumahnya dekat dengan Waduk Cirata yang dikenal sebagai penghasil ikan seperti ikan petek. Meski memiliki kandungan protein dan kalsium yang tinggi, ikan-ikan dari Waduk Cirata hanya dijadikan pakan ternak. Melihat peluang itu, Aang Permana pun melakukan inovasi dengan dengan membuat produk ikan crispy yang diberinya label “Sipetek.”

Usahanya ini menuai keberhasilan. Produk ikan crispy-nya laris manis terjual hingga ke Aceh, Papua, bahkan luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Beijing, Hong Kong, hingga Arab Saudi. Kerja keras dan keberhasilannya membuatnya memperoleh juara 1 Wirausaha Sosial dari INOTEK Sampoerna Indonesia pada 2016 dan Kick Andy Young Hero 2017. 

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut