get app
inews
Aa Read Next : Wah! Wali Kota Naik Moge dari Sukabumi ke Pangandaran Hadiri 50th Golden Memorial Wing Day 2023 HDCI

Warga Bentangkan Bendera Merah Putih  1.000 Meter di Pantai Pangandaran 

Jum'at, 19 Agustus 2022 | 09:45 WIB
header img
Warga Pangandaran membentangkan bendera merah putih sepanjang 1.000 meter dari Pantai Barat hingga Pantai Timur Pangandaran. (Foto: iNews/Irfan Ramdiansyah).

PANGANDARAN, iNews.id —Ribuan warga Kabupaten Pangandaran menggelar kirab kebangsaan dengan membentangkan bendera merah putih sepanjang  1.000 meter atau 1 kilometer (km), Kamis (18/8/2022) di kawasan Pantai Pangandaran, Jawa Barat.

Kegiatan ini untuk mengobarkan semangat nasionalisme masyarakat dalam peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Berbagai  elemen masyarakat turut dilibatkan dalam kirab kebangsaan ini. Tampak dari atas, merah putih sepanjang 1.000 meter dibentangkan di sepanjang Pantai Barat, Pantai Timur Pangandaran, hingga titik akhir jembatan merah. 

Bendera merah putih dibentangkan oleh seluruh elemen masyarakat, baik pelajar SD, SMP, SMA, petani, nelayan, ibu rumah tangga, aparat sipil negara (ASN), TNI, dan Polri.  

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, untuk merayakan HUT ke-77 RI, Pemkab Pangandaran menggelar acara membentangkan bendera merah putih sepanjang 1 km dari Pantai Barat sampai Pantai Timur Pangandaran. 

"Tujuannya agar bendera itu tertanam di dada, semangat tetap di dada. Indonesia adalah negara kesatuan yang harus kita jaga, pelihara, dan rawat. Para pejuang dulu, hanya untuk membentangkan bendera saja, mereka siap mengorbankan nyawa," kata Bupati Pangandaran. 

"Semangat itu yang akan kita ambil sebagai bagian dari pendidikan karakter, rasa cinta Tanah Air, dan wawasan kebangsaan bagi masyarakat Pangandaran, terutama anak-anak muda," ujar Jeje Wiradinata. Jika tahun ini bendera yang dibentangkan sepanjang 1 km, tutur Bupati Pangandaran, tahun depan bertambah menjadi 2 km. "Atau 23 kilo (km) sampai Batukaras," kata Bupati Jeje.
 

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut