get app
inews
Aa Read Next : Menangis! Penampakan Sandra Dewi Usai Diperiksa Kejagung 10 Jam Terkait Kasus Dugaan Korupsi Timah

Surya Darmadi Rugikan Negara Rp104 Triliun, Terbesar dalam Sejarah

Selasa, 30 Agustus 2022 | 20:00 WIB
header img
Surya Darmadi. Foto: MPI/Irfan Ma`ruf.

"Dalam hal ini penyimpangan yang dilakukan menimbulkan dampak tidak diperolehnya hak negara atas pemanfaatan hutan antara lain dalam bentuk dana reboisasi, provisi sumber daya hutan dan seterusnya sesuai ketentuan yang berlaku," kata Agustina. 

Kerugian keuangan negara, kerugian keuangan negara totalnya Rp4,9 triliun dengan rincian jumlah kerugian negara ada USD7,8 juta yang kalau rupiahkan sekitar Rp1,14 miliar.  

"Untuk yang lainnya pada provisi sumber daya hutan, ada fakta-fakta memang mengalami kerusakan hutan itu sehingga ada biaya pemulihan kerugian kerusakan lingkungan yang jika dijumlah semuanya berjumlah Rp4,9 triliun," ujarnya. 

Sementara untuk perhitungan kerugian perekonomian negara, BPKP bekerja sama dengan ahli lingkungan hidup yang ditunjuk penyidik dan ahli ekonom dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dan memiliki kompetensi menghitung kerugian. Hasil perhitungan itu, kerugian perekonomian negara mencapai Rp99,34 triliun. 

"Jika seluruh angka dari kami para ahli yang sudah berkolaborasi, seluruh kerugian baik dari sisi keuangan negara dan perekonomian negara, terhitung sebesar Rp99,34 triliun kerugian perekonomian negara," katanya.

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut