get app
inews
Aa Read Next : Viral Selebgram Batal Menikah Sehari sebelum Akad, padahal Sudah Gelar Pengajian dan Siraman

Viral, Jemaah Musala di Garut Berwudhu Gunakan Air Keruh 

Sabtu, 01 April 2023 | 13:43 WIB
header img
Jemaah sebuah musala di Kampung Maningkut, Desa Banjarwangi, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut berwudhu menggunakan air keruh. Foto: Instagram@husnicahyagumilar

GARUT, iNewsSukabumi.id - Jemaah sebuah musala di Kampung Maningkut, Desa Banjarwangi, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut berwudhu menggunakan air keruh.

Air ini berada pada sebuah kolam kecil dangkal yang terletak dekat dengan pintu masuk musala. 

Tak hanya digunakan untuk wudhu, air itu juga tampak dipakai jemaah lainnya untuk mencuci kaki dengan cara merendamkannya ke kolam sebelum memasuki musala. Air tersebut berasal dari mata air yang dihubungkan melalui talang bambu. 

Air di kolam ini sebenarnya tidak keruh jika di musim kemarau. Namun penggunaan kolam untuk berwudhu, berkumur, dan merendamkan kaki di saat yang bersamaan tetap membuat air menjadi keruh. 

Jika musim hujan, air di kolam ukuran dua kulah ini menjadi sangat kecokelatan karena bercampur tanah. Sebab saluran menuju ke musala mesti melewati selokan. 

Tidak ada pilihan, warga tetap berwudu kendati air kotor. Mereka berkumur-kumur, membasuh muka, mencuci tangan dan kaki. Hal tersebut tergambar dalam video yang diunggah akun Instagram @husnicahyagumilar, seorang konten kreator asal Banjarwangi. 

"Jika musim kemarau, air ke musala ini habis di jalan. Kalau tidak, air yang mengalir sangat kecil," ujar Husni Cahya Gumilar saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Sabtu (1/4/23). 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut