get app
inews
Aa Read Next : Rumah 2 Lantai di Gedongpanjang Sukabumi Ambruk usai Ludes Terbakar Dilalap Api 

Ditinggal 3 Hari Mudik ke Mertua, Rumah Warga di Purabaya Sukabumi Ludes Terbakar 1 Mobil Rusak

Rabu, 19 April 2023 | 17:10 WIB
header img
Sebuah rumah yang sedang kosong karena ditinggal pemiliknya, di Kampung Lembursitu RT 004/002, Desa Purabaya, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Rabu (19/4/2023) hangus terbakar. Foto iNews/Dharmawan Hadi

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id - Sebuah rumah yang sedang kosong karena ditinggal pemiliknya, di Kampung Lembursitu RT 004/002, Desa Purabaya, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Rabu (19/4/2023) hangus terbakar. 

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Purabaya, Yanto Prayitno mengatakan, kejadian kebakaran tersebut terjadi sekira pukul 04.45 WIB di rumah milik Tatang. 

"Dugaan sementara, api berasal dari korsleting listrik dari jaringan rumah milik korban. Menurut saksi di lokasi kejadian, saat terbakar, rumah dalam keadaan kosong ditinggal penghuni selama 3 hari ke Sukabumi, berkunjung ke rumah mertuanya," kata Yanto.

Kebakaran tersebut, lanjut Yanto, diketahui oleh tetangga korban yang melihat percikan api yang diduga dari konseling listrik. Namun pada saat kejadian, suasana kampung masih sunyi dan warga sekitar sedang melaksanakan shalat Subuh.

"Akibatnya api cepat membesar dan membakar seluruh bangunan rumah dan isinya. Saat warga mengetahui api semakin membesar, lalu mencoba memadamkan api dan menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran, tidak lama kemudian api berhasil dipadamkan oleh warga dan petugas damkar," timpal Yanto.

Lebih lanjut Yanto mengatakan, taksiran kerugian akibat kejadian kebakaran tersebut, diperkirakan mencapai Rp100 juta. Kerugian tersebut dinilai dari kerusakan berat bangunan rumah, 1 unit sepeda motor dan surat-surat berharga yang hangus terbakar.

"Tidak ada korban jiwa dan luka dalam kejadian tersebut, karena kondisi rumah sedang kosong. Lalu 1 unit kendaraan Toyota Avanza berhasil diselamatkan, namun mengalami kerusakan pada beberapa bagian mobil yang berbahan plastik, yang terbakar akibat panas dari kobaran api," tandas Yanto.
 

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut