get app
inews
Aa Read Next : 10 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sukabumi: Bisa Ditempuh dengan Jalan Kaki

Penampakan Gurandil di Tambang Emas Ilegal Ciemas Sukabumi saat Dibubarkan Polisi Hutan

Selasa, 16 Mei 2023 | 14:13 WIB
header img
Gurandil di Kawasan Blok Cibuluh, Ciemas, Kabupaten Sukabumi, berhamburan keluar lubang penggalian saat Polisi Hutan KPH Sukabumu membubarkan kegiatan mereka, Senin malam 15 Mei 2023. Foto iNews.id/Ilham Nugraha

SUKABUMI, INewsSUKABUMI.id -  Gurandil atau para penambang emas ilegal di Kawasan Blok Cibuluh, Kecamatan Ciemas, berhamburan ke luar lubang penggalian saat Polisi Hutan (Polhut) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Sukabumi membubarkan kegiatan mereka, Senin malam 15 Mei 2023. 
 
Kedatangan petugas menyebabkan rasa takut melanda para penambang, yang tampak terburu-buru berhamburan ketika melihat sekelompok petugas mendekati lokasi. Bahkan mereka yang berada di dalam lubang segera naik dan berlarian.

Di tengah keributan itu, ada penambang yang tetap bersikeras membawa hasil tambang mentah. Meskipun beban sebuah karung kecil sangat berat, mereka mengangkatnya tanpa menunjukkan tanda-tanda kelelahan.

Beberapa penambang yang masih bertahan meminta izin untuk melanjutkan aktivitas penambangan selama satu malam. Namun permintaan itu diabaikan Petugas dengan alasan keamanan masyarakat. 

"Saya atas dasar perintah pimpinan memasang plang larangan, secara Undang-undang tidak boleh ada kegiatan tanpa izin, bapak punya hak untuk berusaha silahkan tap i catatan, sesuai aturan. Ini status tanah Perhutani, mungkin petugas sampai mencegah melarang, kalau ada apa-apa kegiatan perhutani ketanyaan," kata Petugas Polhut KPH Sukabumi Dedi Gunawan, Senin (15/5/2023) malam. 

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut