get app
inews
Aa Read Next : Melawan saat Akan Disodomi Ternyata Alasan Pelaku Tusuk ART hingga Tewas di Sukabumi

2 Pelajar SMP Diamankan Polisi Bersama Gurandil di Lokasi Tambang Emas Ilegal Cibuluh Ciemas 

Jum'at, 02 Juni 2023 | 16:18 WIB
header img
Puluhan gurandi berkumpul di lokasi Tambang Emas Ilegal Blok Cibuluh, Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Foto iNews Ilham N

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id - Aditya, seorang siswa kelas 3 SMP beserta kakaknya Yosep diamankan oleh Polisi ketika berada di lokasi tambang emas ilegal Cibuluh, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis 1 Juni 2023. Aditya dan kakaknya, Yosep, sedang mencari sisa-sisa tanah galian emas untuk bekal samenan dalam kegiatan ngonek. Namun, kedua saudara tersebut akhirnya dibawa oleh petugas kepolisian setelah mereka tiba di lokasi.

Menurut Aben (32), orang tua Aditya dan Yosep, anaknya yang baru duduk di kelas 3 SMP sebenarnya telah meminta izin sebelum pergi. Namun, Aditya bersikeras untuk ikut ngonek dengan teman-temannya karena ingin mendapatkan bekal samenan, tetapi tidak memiliki uang. Sayangnya, mereka tertangkap dalam razia dan dibawa ke markas Polres Sukabumi. Kabar ini diketahui setelah anak-anak temannya memberi tahu bahwa Aditya dan kakaknya berada di sana.

"Anak saya masih sekolah baru kelas 3 SMP. itu kan pas mau perginya minta izin ke saya, saya sudah cegah masih ngenyel, dikarenakan mau samenan, gak punya duit. kata dia (Aditya), pak ini mau samen gak punya duit katanya, mau ikut ngonek sama temen temen, ternyata habis itu di lokasi kena razia dan terbawa razia," ujar Aben (32) orang tua Aditya dan Yosep, Jumat (2/6/2023). 

Abeng (32) menjelaskan bahwa kedua anaknya sebenarnya bukanlah penambang. Karena faktor ekonomi yang lemah dan keinginan Aditya untuk mendapatkan bekal samenan, mereka terpaksa ikut bersama teman-temannya dalam kegiatan ngonek tersebut.

Abeng (32) sendiri bekerja sebagai buruh tani. Keterbatasan ekonomi yang hanya mengandalkan hasil panen singkong membuatnya berjuang keras mencari bekal samenan untuk anaknya.

Sebelumnya, Polisi telah melakukan penggerebekan di lokasi tambang emas ilegal di area Perhutani Blok Cibuluh, Desa/Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Penggerebekan tersebut dilakukan pada sore Kamis (1/6/2023). Dalam penggerebekan tersebut, polisi berhasil mengamankan sejumlah penambang emas liar yang dikenal sebagai gurandil.

Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede, mengonfirmasi adanya pengamanan terhadap penambang liar tersebut. Namun, dia tidak menyebutkan jumlah penambang liar yang diamankan. Saat ini, pihak kepolisian masih melakukan pemeriksaan intensif terhadap para penambang liar tersebut.

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut