get app
inews
Aa Read Next : Terancam Hukuman Mati! Warga Sukabumi DPO Narkoba Jaringan Freddy Budiman Ditangkap 

Masjid Agung Tertua di Sukabumi, Jadi Saksi Penyebaran Islam Begini Sejarahnya

Jum'at, 06 Oktober 2023 | 16:00 WIB
header img
Masjid Agung tertua di Sukabumi. Foto: istimewa

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id - Masjid Agung Kota Sukabumi menjadi masjid agung tertua di Sukabumi. Masjid ini menjadi ikon daerah dan salah satu bagian sejarah penyebaran Islam di Sukabumi. 

Masjid Agung ini menjadi salah satu tempat yang menarik untuk menambah wawasan kalian seputar penyebaran sejarah islam pada zaman dahulu. Jika kalian berkunjung ke Sukabumi kalian wajib mengunjungi Masjid ini.

Masjid Agung ini beralamatkan di Jalan Alun-Alun Utara No.4b, Gunungparang, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Sejarah Masjid Agung Sukabumi 

Masjid tertua dan terbesar di Sukabumi ini selain jadi saksi penyebaran Islam, juga menjadi saksi sejarah perjuangan rakyat melawan penjajahan. Dulunya gedung ini berfungsi sebagai markas atau pusat pertemuan para pejuang untuk menyusun strategi perang.

Masjid ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke-19 dan merupakan satu-satunya masjid yang terletak di pusat Kota Sukabumi hingga akhir abad ke-19.

Awalnya Masjid Raya Sukabumi dibangun di atas tanah wakaf milik seorang warga bernama Ahmad Juwaeni, kawasan yang  terus mengalami perubahan hingga saat ini.

Pada masa awal pembangunan Masjid Agung Sukabumi masih sederhana, dengan atap  dan memiliki satu menara . Di  depan masjid terdapat alun-alun dengan halaman rumput panjang.

Pada masa pendiriannya, Masjid Raya Sukabumi  mengalami enam kali renovasi yaitu pada tahun 1900, 1936, 1945, 1975, 2004, dan renovasi besar-besaran pada tahun 2012 yang selesai setahun kemudian. Perubahan arsitektur utama membuat Masjid Agung Sukabumi tampak megah dan modern. Namun bangunan tersebut telah kehilangan tampilan aslinya.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut