get app
inews
Aa Read Next : Kerahkan Heli dan Pesawat TNI AU, Pasukan Khusus TNI Polri Evakuasi Korban Kekejaman OPM di Hameyo

KKB Papua Tembaki Pendulang Emas di Yahukimo, 7 Tewas, Kaskogabwilhan III: Mereka Masyarakat Sipil

Kamis, 19 Oktober 2023 | 11:19 WIB
header img
KKB Papua tembaki pendulang emas di Yahukimo, dikecam Kaskogabwilhan III. Foto: iNews/Nathan Making

Informasi terbaru sejumlah 27 orang berhasil dievakuasi, 7 meninggal dunia dan 20 orang selamat, terdapat yang luka ringan, dengan rinciannya 18 orang evakuasi tahap pertama dan selanjutnya berhasil dievakuasi 9 orang.

Saat ini aparat TNI-POLRI terus berjibaku melakukan penyisiran untuk mencari masyarakat yang mungkin masih ada yang selamat dari pembantaian KST. Demi tegaknya hukum saat ini Aparat TNI sedang melakukan pengejaran terhadap pimpinan KKB Asbak Koraneu.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pada Senin (16/10) sejumlah 30 orang KKB Papua menyerang area penambangan emas illegal yang ada di Kali Ei Kampung Mosom Duba, Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan.

Sebanyak 7 warga pendulang emas tewas dibunuh, dan lainnya berupaya menyelamatkan diri.

KKB ini merupakan pimpinan Asbak Koranue, bagian dari kelompok Egianus Kogoya. Senjata mereka 1 senapan SS1 V2, panah, dan parang. Selain membunuh, mereka juga membakar 3 ekskavator, 2 truk, dan Kamp Pendulangan.

Di beberapa media online Juru bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom mengatakan, yang melakukan aksi penyerangan terhadap pendulang emas tersebut, adalah Pasukan Khusus dari dua Kodap, Kodap III Nduga dan Kodap XVI Yahukimo, Namun menurut Sebby TPNPB Kodap XVI Yahukimo yang bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut