get app
inews
Aa Read Next : Libur Natal 2023, Okupansi Hotel di Kawasan Pantai Sukabumi Meningkat

Rekreasi ke Geopark Ciletuh, Singgah ke Sejumlah Destinasi Wisata Indah 

Senin, 11 April 2022 | 13:57 WIB
header img
Betapa indahnya panorama alam di kawasan Geopark Ciletuh, Sukabumi. Foto: Instagram/@hayukasukabumi

 

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id — Kawasan Geopark Ciletuh ternyata berdekatan dengan sejumlah destinasi wisata menawan. Jadi, sayang banget kalau kita gak sekalian mampir ke sini, ke tempat-tempat menarik berikut ini;

Puncak Darma  
Berlokasi di Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas. Puncak Darma merupakan salah satu dataran tertinggi di kawasan wisata Geopark Ciletuh. Lokasinya yang berada pada ketinggian 230 meter dari permukaan laut (mdpl) membuat pemandangan di sekeliling Puncak Darma mengesankan. Dari sana, berbagai panorama indah dapat kita nikmati mulai dari Teluk Ciletuh yang berbentuk tapal kuda, hingga deretan tebing, persawahan, hingga garis pantai Geopark Ciletuh. 

Curug Dogdog 
Hanya berjarak 1,5 kilometer atau sekitar empat menit dari Puncak Darma. Curug Dogdog terletak di Kampung Cimarinjung, Kecamatan Ciemas. Kawasan wisata ini menampilkan susunan bebatuan yang indah. Namun, ada imbauan untuk tidak memanjat bebatuan tersebut guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti terpeleset. Wisatawan dapat bermain air di kolam yang dialiri oleh debit air terjun normal. Kita juga bisa duduk-duduk sambil berfoto di bebatuan yang mengelilingi kolam. 

Curug Cimarinjung 


-Curug Cimarinjung. Foto: Instagram @putrasenadi-

Berada di Kecamatan Ciemas. Jarak dari Curug Dogdog adalah 800 meter atau sekitar dua menit. Kendati lokasinya lebih masuk ke dalam atau rada terpencil, namun curug yang berada di perbatasan Desa Girimukti dan Desa Ciwaru memiliki pesona tersendiri. Berada di pedalaman membuat Curug Cimarinjung memiliki aliran air yang segar. Namun wisatawan diimbau untuk tidak bermain air lantaran debit airnya yang cukup deras. Salah satu keunikan dari Curug Cimarinjung adalah aliran air yang mengalir ke Teluk Ciletuh sebelum berakhir ke Samudera Hindia. Air terjun ini menawarkan pemandangan alam yang memukau karena pepohonan, tumbuhan, dan tanamannya masih asri. Suasananya yang tenang cocok bagi wisatawan yang hendak mencari ketenangan untuk meditasi.  

Puncak Aher
Lokasinya di Kampung Pamoyanan, Dusun Mekarsari I, Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas. Nama Puncak ini memang berasal dari nama mantan Gubernur Jawa Barat Achmad Heryawan, yang akrab disapa Aher. Panorama Puncak Aher tak kalah indahnya. Kita bisa menyaksikan pemandangan laut lepas, menikmati semilir angin, sambil menunggu matahari terbenam atau sunset. Puncak Aher memiliki area camping groud. Jadi para wisatawan bisa berkemah di sini. 

Pantai Palangpang 
Di pantai ini wisatawan dapat melihat tugu Ciletuh Geopark tegak berdiri. Biasanya banyak orang yang datang berfoto di tugu ini untuk kenang-kenangan telah berkunjung ke Geopark Ciletuh. 

Pulau Kunti 
Namanya terkesan menyeramkan karena mirip dengan nama hantu “Kuntilanak”, namun pesona yang ditawarkan pulau tersebut mampu memanjakan mata. Sebab, pulau yang menghadap langsung ke Samudera Hindia ini memiliki bentangan pasir putih yang indah. Ada juga bebatuan karang yang timbul di pasir-pasir tersebut. Sejumlah pohon rindang pun memenuhi pulau tersebut. Jika menjelajah lebih lanjut, wisatawan akan menemukan goa yang tidak terlalu dalam dan cukup besar untuk dimasuki. 

Sebagai bagian dari Geopark Ciletuh, Pulau Kunti menawarkan flora dan fauna yang unik dan menarik. Saat berjalan-jalan di tepi pantai, jika beruntung, wisatawan dapat menjumpai beberapa ekor burung eksotis yang kerap bertengger di pepohonan sekitar. Untuk menuju ke sana, wisatawan dapat menyewa perahu, sekitar Rp400 ribuan yang muat tujuh orang penumpang. Penyewaan perahu dapat ditemukan di kawasan Ciwaru. 

Pantai Ujung Genteng 
Berlokasi di Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap. Pantai landai ini dikelilingi oleh pepohonan yang membuat area wisata terlihat asri. Kendati Pantai Ujung Genteng berada pada garis pantai laut selatan, namun gelombang ombaknya cukup tenang sehingga pengunjung dapat bermain air atau berselancar sembari tentunya tetap berhati-hati. Selain bermain air atau bersantai di pinggir pantai menikmati bentangan pasir putih yang indah.

Bukit Teletubbies
Gak jauh dari Pantai Ujung Genteng, jarak tempuhnya 4 kilometer aja atau sekitar 13 menit. Buki Teletubbies memiliki panorama perbukitan hijau yang asri mirip serial televisi anak Teletubbies. Bedanya, di sana terdapat danau yang membuat hamparan padang savana di bukit ini terlihat makin cantik. 

Masih di masa pandemi begini, para wisatawan diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan, pakai masker, dan menjaga kebersihan dan keindahan di area wisata.
 

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut